Salurkan Sembako ke Tayando Tam, Wali Kota Ingatkan Warga Waspadai Nelayan Luar

Nelayan dari luar daerah berpeluang menjadi penyebar virus corona dari desa ke kota.


Tual, suaradamai.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang tergabung dalam lingkup Pemerintah Kota Tual menyalurkan bantuan sembako bagi warga miskin dan terdampak covid-19 di tujuh desa di Kecamatan Tayando Tam, Sabtu (16/5/2020).

Ketujuh desa tersebut di antaranya Desa Tam Ngurhir, Tayando Langgiar, Tayando Ohoitel, Tayando Yamru, Tayando Yamtel, Tam Ohoitom, dan Tam Ngurnila.

Menumpangi KMP. Tanjung Madlahar Top, rombongan yang dipimpin Wali Kota Tual Adam Rahayaan bertolak dari Pelabuhan Fery Tual menuju Pelabuhan Tayando. Perjalanan menghabiskan waktu empat jam. Sebelum turun, tim Gustu melakukan pemeriksaan penumpang dan menyemprotkan disinfektan, dilanjutkan dengan pemeriksaan suhu badan.

Perjalanan berlanjut ke Tam Ngurhir. Karena tidak ada tambat labuh, kapal terpaksa berlabuh di laut. Proses pembongkaran muatan pun dilakukan di laut dengan menggunakan speed boat untuk distribusi sembako ke darat.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, bantuan sembako yang diberikan murni bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Supaya jangan keliru, bantuan ini bukan BLT. Kalo BLT itu tidak seperti ini, tetapi tunai. Ini bantuan barang (Sembako) jadi masyarakat harap paham. Jadi ini murni dari APBD bukan BLT dalam bentuk tunai,” jelas Wali Kota.

Bantuan sembako yang dimuat di kapal Ferry ke tujuh desa di Kecamatan Tayando Tam, Sabtu (16/5/2020). Foto/Daniel Mituduan

Sehubungan dengan merabaknya dampak virus corona, Wali Kota mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap kapal-kapal ikan dari luar yang singgah di desa. Ia khawatir peluang penyebaran virus malah dari desa ke kota akibat kontak warga dengan nelayan luar.

“Saya minta masyarakat harus hati-hati, apalagi tadi ada kapal-kapal ikan yang melintasi wilayah kita. Olehnya itu kita sudah putuskan untuk dilakukan rapid test supaya jangan sampai mengancam keselamatan orang lain,” tambah Wali Kota.

Pada akhir sambutan, Wali Kota mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan keamanan terutama dalam memasuki hari raya Idul Fitri nanti.

Usai menyampaikan arahan singkatnya acara dilanjutkan dengan penyerahan sembako secara simbolis oleh Wali Wakil Kota, Dandim 1503 Tual, Sekda, perwakilan Kapolres Malra kepada keempat perwakilan masyarakat Desa Tam Ngurnila dan Desa Tam Ngurhir.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan adalah satu karung beras mawar warna lining, satu karung tepung terigu dan satu paket karton gula, kopi, teh dan beberapa botol minyak goreng untuk setiap kepala keluarga (KK).

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, para pimpinan OPD, camat, perangkat desa dan lurah, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan sejumlah warga Desa Tam Ngurnila dan Tam Ngurhir.

Editor: Labes Remetwa


Bantuan sembako ini murni berasal dari APBD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU