Sasa Sor Fit Hukum Hanilit – Larvul Ngabal

Ayat Ngis Kafir: Temar U Mur (Mencubit, Mengorek)


“Sasa” atau disingkat “Sa” berarti kesalahan. Sor berarti helai, bagian lapisan. “Fit” berarti tujuh. “Sasa Sor Fit “berarti keslahan ber;apis tujuh atau kesalahan terdiri dari tujuh bagian. Maksudnya terdapat daftar yang memuat lapisan-lapisan kesalahan yang dilarang karena bertentangan dengan hukum adat Larvul Ngabal. Sasa sor fit disusun menurut Hukum Navnev, Hanilit dan Huwear Balwarin.

Pada edisi ini kita merenungkan bersama pasal Ngis Kafir; temar u mur (mencubit, mengorek, membelai)

Dalam kosa kata evav dikenal dengan Ngis berarti “mencubit”, kafir berarti “mengorek” dengan tangan. Selanjutnya temar u mur berasal dar kata temar  berarti “busur: u berarti depan” ; mur berarti belakang maka Temar u mar berarti memegang muka dan belakang bersama-sama

Ngis Kafir, Temar u mur  dalam konteks sasa sorfit-larvul ngabal menjadi sebuah pelanggaran apabila mencubit, mengorek, membelai perempuan (bukan istri) dimana perempuan tersebut merasa diperlakukan sewena-wenangnya atau tidak dihagai.

Tindakan Ngis Kafir, Temar u mur merupakan sebuah kejahatan karena orang Kei hanya mengisinkan hubungan laki-perempuan dalam bentuk Lenan Ret vid atau “meminang”. Dengan demikian tindakan Ngis Kafir, Temar u mur merupalan penghinaan orang yang di Ngis Kafir, Temar u mur-kan.   

Oleh karena itu pelaku dberikan sangsi adat. Apabila pelaku tidak dikenakan sangsi adat atas alasan apapun naka pelaku akan mengalami sangsi ilahi berupa sakit atau kegagalan dalam urusan kehidupannya. Sangsi ilahiit biasanya kontan, da akan muncul pada saat tertentu sebaga peringatan bagi pelaku untuk segera menyelesaikan denda adat kepada korban.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU