Sekwan Komitmen Optimalkan Pelayanan untuk Tingkatkan Kinerja DPRD

Besok, agenda rapat dengar pendapat antara Kepala BKPSDM dengan Komisi I DPRD terkait polemik uji kompetensi pejabat administrator di lingkup Pemda Malra.


Langgur, suaradamai.com – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (baca: Sekwan DPRD Malra) Roy Rahayaan berkomitmen mengoptimalkan pelayanan untuk meningkatkan kinerja para anggota DPRD Malra.

Ia bersama staf pada sekretariat DPRD akan selalu memenuhi kebutuhan anggota DPRD dan melakukan evaluasi bersama dalam hal peningkatan kinerja.

“Kalau OPD lain itu langsung melayani masyarakat, kalau kita di Sekretariat DPRD melayani anggota DPRD,” jelas Rahayaan.

Rahayaan mengaku, saat melakukan studi komperasi di sejumlah daerah di Pulau Bali, Jawa, dan Sumatera, rombongan DPRD diterima oleh para pejabat daerah di sana yang juga adalah mantan Sekwan.

Diskusi lepas, sharing pengalaman, bersama mantan Sekwan menjadi masukan tambahan bagi Rahayaan untuk menjalankan tugasnya.

Studi komperasi

Anggota DPRD dan OPD mitra melakukan studi komperasi sejak awal hingga pertengahan Maret lalu ke sejumlah daerah di Indonesia Tengah dan Barat, diantaranya Bali, Banyuwangi, Malang, Yogyakarta, dan Tangerang Selatan.

Studi komperasi yang dilaksanakan satu kali pada awal masa jabatan DPRD ini, bertujuan untuk menambah wawasan anggota rombongan, terutama anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat.

Rombongan terbagi menjadi tiga tim – mengikuti jumlah komisi (3 komisi) – ke daerah-daerah berbeda. Di sana mereka berdiskusi, belajar tentang pengembangan daerah. Misalnya, pengembangan pariwisata di Bali dan Banyuwangi, pembangunan pendidikan dan air bersih di Yogyakarta dan Malang, dan pemanfaatan tekonologi di Tangerang Selatan.

Rahayaan yakin, studi komperasi ini dapat menghasilkan pikiran-pikiran brilian dari para anggota DPRD.

“Ilmu-ilmu yang telah diambil di sana akan untuk diterapkan di Maluku Tenggara,” cetus Rahayaan.

Agenda DPRD Maluku Tenggara di Bulan Maret

Semua kegiatan anggota DPRD Malra dikelola di Sekretariat DPRD. Adapun agenda bulan Maret adalah:

  • Sebelum melakukan studi komperasi, DPRD sudah melakukan agenda pengawasan.
  • Kemudian studi komperasi yang baru selesai.
  • Selanjutnya, reses pertama – semua anggota dewan bertemu konstituennya.

Informasi tambahan, besok DPRD rapat dengan camat dan kepala OPD terkait pelantikan kepala ohoi. Dilanjutkan dengan Rapat dengar pendapat antara Kepala BKPSDM dengan Komisi I DPRD terkait polemik uji kompetensi pejabat administrator di lingkup Pemda Malra.

Reporter: Robert Remetwa/ Penulis: Linus Remetwa/ Editor: Linus Remetwa