Temui Ketua DPRD, Basarnas Ambon Bahas Program Kerja

sempat dilaksanakan pertemuan langsung dengan pimpinan Basarnas,”ujar Wattimury.


Ambon, suaradamai.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon melakukan lawatan dengan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury membahas berbagai program kerja dan langkah kebijakan yang diambil Basarnas dalam berbagai penanganan bencana di Maluku sebagai provinsi kepulauan.

Dalam pertemuan yang dipimpin Kepala Basarnas Ambon, Letkol TNI AL, Mustari mengatakan bahwa Maluku akan mendapat bantuan kapal Supply canggih

“Hari ini, Alhamdulliah saya bisa bertatap muka dengan pak Ketua DPRD Maluku, Kedepan ini Basarnas Ambon akan kedatangan kapal Supplay canggih dengan ukuran panjang 70 meter, lebar 3 sampai 4 meter dan di kapal tersebut sudah dilengkapi dengan kaliper, logistik, ruang medis dan pengisian BBM sekitar 500 ton,” jelas Mustari.

Dikatakan, kelebihan dari kapal Supplay jika dalam melakukan operasional kecelakan di laut, kapal-kapal Basarnas lainnya tidak perlu lagi kembali ke dermaga untuk pengisian BBM tapi bisa langsung ambil lewat kapal supplay, bahkan kapal itu juga bisa dijadikan sebagai posko.

“Kapal seperti ini tidak semuanya Basarnas tempatkan, tapi Alhamudulliah kapal Supplay yang ukuran besar ini ditempat di Maluku sesuai dengan rencana Basarnas pusat menempatkan kapal itu di Maluku, sehingga mudah-mudahan dengan kedatangan kapal ini dapat berfungsi dan bermanfaat dalam penanganan kecelakan kapal di laut Maluku,”jelasnya.

Khusus wilayah timur, akui Mustari, hanya ditempatkan di provinsi Maluku, karena tidak semua kapal bisa ditempatkan, dengan tipe kelas I buatan Batam yang sementara dikerjakan dan direncanakan november mendatang sudah tiba di Ambon.

Sebelumnya Ketua DPRD Maluku dalam penjelasnnya mengatakan, kedatangan pimpinan Basarnas berhubung selama bertugas belum pernah bertatap muka langsung dengan pimpinan dewan, meskipun secara tidak langsung sudah pernah saling mengenal tapi belum bertemu langsung.

“Bertemu diacara-acara lain itu iya pernah, tapi bertemu secara langsung baru kali ini dan hari ini juga sempat dilaksanakan pertemuan langsung dengan pimpinan Basarnas,”ujar Wattimury.

Wattimury mengaku, kedatangan Basarnas dalam rangka membahas berbagai program-porgam kerja Basarnas di Maluku.

Menurutnya, perlu didukung kegiatan dan kebijakan Basarnas, karena Maluku merupakan daerah kepulauan yang luas lautnya sekitar 92 persen dari luas daratan sehingga peran Basarnas sangat penting dalam penanganan kecelakaan laut.

“Saya juga sudah sampaikan ke beliau, nantinya juga kita berkoordinasi dengan pak Gubernur untuk bagaimana, rencana ini musti kita duduk secara bersama-sama, sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsi Basarnas dapat lebih terarah, seperti yang diharapkan,”pungkasnya.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU