TP PKK Maluku Peringati 51 Tahun Kesatuan Gerak PKK

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ambon, suaradamai.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Maluku, Rabu (8/3/2023) memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51 tahun 2023, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku.

Puncak acara peringatan HKG PKK di dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail, Sekda Maluku Sadali Ie, Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Daniel Indey, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku beserta jajaran pengurus.

Adapun kegiatan yang mengusung tema lima puluh satu tahun Gerakan PKK, Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”, diawali dengan pembacaan sejarah Gerakan PKK di Indonesia salah satu Ketua Pokja TP PKK Provinsi Maluku Inawati Thahir.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, HKG PKK ke-51 tahun 2023 dengan tema “Bergerak Bersama, Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh, Wujudkan Indonesia Tumbuh”, hendaknya dimaknai sebagai tekad bersama setiap anggota PKK, dalam mendedikasikan semua pengabdian serta kiprahnya, guna memajukan dan mensejahterakan keluarga.

“Mari jadikan momentum peringatan ini, sebagai refleksi untuk mengevaluasi program-program kerja, sekaligus menambah semangat juang Tim Penggerak PKK di daerah ini,”ucapnya.

Selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK, Gubernur menyampaikan kebanggaannya terhadap TP PKK Provinsi Maluku beserta jajarannya, yang terus bersemangat dalam melakukan pembinaan keluarga dan masyarakat.

“Selaku Ketua Pembina TP PKK, saya mengucapkan terima kasih, dan penghargaan kepada TP PKK Provinsi dan kab/kota se-Maluku, secara khusus kepada kader PKK di desa/kelurahan, yang sangat memberikan kontribusi, dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Harapan saya, seluruh anggota PKK dan kader, mampu menjadi garda terdepan, untuk mewujudkan keluarga berkualitas, dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal, hingga mencapai lingkup yang lebih luas,” imbuhnya.

Tak hanya itu, sebagai mitra kerja pemerintah, Gubernur juga berharap, TP PKK dapat terus berperan aktif bersama OPD-OPD terkait, guna peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, serta khususnya dalam menciptakan keselarasan program, yang dicanangkan Tim Penggerak PKK, dengan pemerintah daerah.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad yang menyampaikan arahan Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian mengharapkan momentum peringatan HKG PKK ke-51 tahun 2023, membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan Kridanya gerakan PKK.

“Tidak berlebihan bilamana tema sentral “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh” ini menjadi pilihan kita, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif.

Pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat harus menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan. hal ini akan menjadi modal sosial yang sungguh besar dalam proses pembangunan,”kata Ny Tri Tito Karnavian megingatkan.

Ia menilai, penggerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan, adalah prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa.

“Berbagai kegiatan pembangunan di negara kita, apapun bentuknya, misalnya dalam hal percepatan penurunan stunting, maka apabila disertai dengan dukungan peran serta dan gotong royong masyarakat, Insha Allah, hasil dan dampaknya akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa. Inilah yang harus kita sadari bersama, bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya merupakan modal sosial bagi bangsa Indonesia,”kata Ny Tri Tito Karnavian mengingatkan.

Memperhatikan posisi dan peran strategis Gerakan PKK tersebut, kata Ny Try Tito Karnavian, maka TP PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi, dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

Untuk itu, sesuai dengan tema sentral HKG PKK ke-51 yang difokuskan pada aspek bergerak bersama, Ny. Tri Tito Karnavian mengajak kepada segenap jajaran TP PKK, para kader PKK, dan kader Dasawisma untuk bergerak bersama dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih, untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat dan Indonesia maju.

“Tema HKG PKK ke-51 tahun 2023 ini juga bermakna, bahwa gerakan PKK senantiasa tumbuh dan berkembang seturut dengan dinamika perkembangan pembangunan di Indonesia. Sasaran pencapaian program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera,”tandasnya.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU