Upacara Peringatan HUT TNI di Langgur, Panglima: Hasil Survey, TNI Raih Kepercayaan Tertinggi

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat berdasarkan hasil penelitian sejumlah lembaga survey.


Langgur, suaradamai.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat berdasarkan hasil penelitian sejumlah lembaga survey.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lanud Dominicus Dumatubun Langgur, Rabu (5/10/2022).

Panglima Andika menyebutkan, menurut hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia per 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen.

Kemudian hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI), tanggal 31 Agustus, TNI mendapatkan kepercayaan sebesar 93 persen.

Demikian juga lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022, merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen.

Untuk itu, Panglima mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai tugas pokok TNI.

Senada dengan Panglima, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma menambahkan, dengan adanya hasil survey itu, menjadi tugas berat bagi prajurit dan PNS TNI untuk tetap menjalankan amanah sesuai dengan undang-undang maupun harapan masyarakat, agar tetap menjadi garda terdepan dan benteng terakhir NKRI.

“Harapan kami buat para prajurit TNI agar tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta terus meningkatkan profesionalisme,” kata Danlanal usai upacara.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan juga angkat bicara. Ia harap TNI terus meningkatkan kepercayaan masyarakat seperti yang telah disampaikan lewat hasil survey.

“Kita memberikan apresiasi, rasa bangga kepada TNI. Teruslah berkarya untuk bangsa dan negara,” ujar Wali Kota.

Upacara HUT ke-77 TNI di Lanud D. Dumatubun Langgur

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77, Kodim 1503/Tual, Lanal Tual, dan Lanud D. Dumatubun Langgur telah melaksanakan sejumlah kegiatan, antara lain pembersihan pantai dan rumah ibadah, donor darah, doa bersama, ziarah, dan upacara.

Upacara peringatan HUT TNI kali ini dilaksanakan di Lanud D. Dumatubun Langgur yang dipimpin oleh Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma. Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur.

Pasukan upacara terdiri atas empat kompi. Kompi 1 terdiri dari 1 peleton pasukan Pama TNI gabungan dari Kodim 1503/Tual, Lanal Tual, dan Lanud Dominicus Dumatubun Langgur, dan 1 peleton pasukan Kodim 1503/Tual.

Kompi 2 terdiri dari 1 peleton pasukan unit 734 SNS/Ibra, 1 peleton pasukan Lanal Tual. Kompi 3 terdiri dari 1 peleton pasukan Lanud Dominicus Dumatubun, 1 peleton pasukan Brimob Yon C Pelopor.

Selanjutnya, Kompi 4 terdiri dari 1 peleton pasukan gabungan Polres Malra dan Polres Tual, 1 peleton PNS TNI gabungan dari Kodim 1503/Tual, Lanal Tual, dan Lanud D. Dumatubun.

Upacara berlangsung khidmat. Turut dihadiri Bupati Malra M. Thaher Hanubun, Wali Kota Tual Adam Rahayaan, dan Ketua DPRD Tual Hasan Syarifudin Borut.

Usai upacara, personil Brimob Batalyon C Pelopor membawa tiga kue ulang tahun sebagai ucapan selamat kepada prajurit TNI yang ada di wilayah Tual dan Maluku Tenggara.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU