Vakum 20 Tahun, dalam Waktu Dekat Raja Ub Ohoi Fak Akan Dinobatkan

Ratschap Ub Ohoi Fak membawahi 24 ohoi. Berdasarkan aturan adat yang dipertegas Perda 03, fungsi dan peranan raja sangat penting dalam merekomendasikan kepala ohoi.

Elat (Elralang), suaradamai.com – Terhitung sudah kurang lebih dua puluh tahun aktivitas adat di wilayah Ratschap Ub Ohoi Fak berjalan tanpa dipimpin oleh seorang Raja. Padahal fungsi dan peranan seorang raja teramat penting untuk mengatur segala kepentingan masyarakat adat di wilayah kekuasaannya. Oleh karena itu, dalam waktu dekat Hj. Bakri Rahawarin yang adalah garis keturunan pemangku takhta kerajaan akan dinobatkan sebagai raja di wilayah adat Ratschap Ub Ohoi Fak.

“Dua puluh tahun lebih vakum (Raja-red) selama ini sehingga masalah yang berhubungan dengan raja selama ini menjadi terhambat karena masalah rajanya, dan proses kepala ohoi definitif di 24 Ohoi yang ada di Rachap Ub Ohoi Fak selama ini tidak berjalan,” demikian hal ini disampaikan Ketua Panitia Persiapan Pengukuhan Raja Ratschap Ub Ohoi Fak, Beny Jeuyanan kepada Pilar Timur/suaradamai.com di sela-sela pertemuan panitia di Elralang Jumat (01/11/19).

Beny yang juga Dosen Politeknik Perikanan Tual itu menghimbau kepada 24 ohoi yang ada dalam wilayah Rachap Ub Ohoi Fak yang masih dipimpin oleh penjabat dan sedang dalam proses kepala ohoi yang definitif, hendaknya menahan diri dan menunggu setelah pengukuhan raja definitif baru ditindaklanjuti agar calon kepala ohoi yang diangkat benar-benar mendapat rekomendasi dari raja yang punya kekuasaan di wilayah Rachap Ub Ohoi Fak.

“Sesuai aturan adat dan dipertegas di dalam amanat Perda 03 adalah proses kepala ohoi harus mendapat rekomendasi dari raja, sampai sekarang kami belum ada raja definitif, dan terus terang kami masyarakat yang ada di Ratschap Ub Ohoi Fak tidak dibawahi raja-raja ratschap lain, rencana kami dalam bulan November ini kami akan melakukan pengukuhan Raja Ub Ohoi Fak,” ungkap Beny.

Menyinggung soal persiapan, menurut Jeuyanan, panitia saat ini tengah mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pengukuhan nanti termasuk berkoordinasi dengan raja yang akan dikukuhkan di Ohoi Elralang nanti. Ratschap Ub Ohoi Fak berada dalam kesatuan Lor Lim.

Beny juga berharap agar perlu adanya dukungan dari seluruh masyarakat adat yang ada di Ratschap Ub Ohoi Fak untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan momen ritual adat penobatan raja nanti. (tarsytemorubun/NR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU