Wali Kota Vlissingen Belanda Berkunjung ke Pemprov Maluku

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemprov Maluku berharap kedepan kerja sama antara Vlissingen dengan Ambon dapat diperluas di bidang lain selain kesehatan.


Ambon, suaradamai.com – Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Anthon Lailosa mewakili Gubernur Maluku, Jumat (17/2/2023) menerima kunjungan Wali Kota Vlissingen Bass Van Den Tillaar dan Wakil Wali Kota Vlissingen Albert Vader di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur Maluku.

Vlissingen, adalah sebuah gemeente Belanda yang terletak di Provinsi Zeeland telah menjalin kerja sama sister city (kota kembar) dengan Kota Ambon sejak 1996 dalam bentuk operasi katarak, operasi urologi maupun kulit dilanjutkan dengan pembangunan klinik mata, guna membantu peningkatan kesehatan mata masyarakat Kota Ambon.

“Terima kasih atas kunjungan ini. Kami (Pemprov Maluku) sangat berterimakasih untuk kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan Kota Ambon di bidang kesehatan. Kerja sama ini telah memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat Kota Ambon,” kata Lailosa.

Pada kesempatan itu, Lailosa menjelaskan bahwa, kawasan Provinsi Maluku memiliki potensi sektor perikanan cukup baik, begitupula dengan potensi perikanan budidaya di wilayah Maluku juga tidak kalah penting.

“Tak hanya itu, Maluku juga memiliki potensi di sektor perkebunan, yang dikenal dengan penghasil cengkeh dan pala. Unggulan lainnya yaitu wisata bahari serta minyak dan gas bumi,” papar Lailosa.

Lailosa pun berharap, kedepan kerja sama ini dapat diperluas di bidang lain selain kesehatan yang saat ini telah terjalin bersama Kota Ambon.

“Jika memungkinkan kerja sama ke beberapa sektor yang menjadi unggulan daerah yaitu kelautan dan perikanan, perkebunan, pariwisata, energi dan sumber daya mineral antara Pemprov Maluku dengan Zeeland (Belanda). Akhirnya, kami berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Maluku maupun Kota Vlissingen,” tandas Lailosa.

Sementara itu, Wali Kota Vlissingen Bass Van Den Tillaar mengaku, senang dapat bertatap muka dengan Pemprov Maluku, dimana pihaknya bisa berbagi terkait upaya-upaya penjajakan kerja sama di sektor lainnya.

“Setelah kami dari sini (Ambon) kembali ke Jakarta, kami akan melaporkan hasil yang kami bicarakan ini kepada pak Duta Besar Belanda di Jakarta. Kami juga akan bertemu dengan pemerintah provinsi kami (Provinsi Zeeland) dan menyampaikan apa yang telah kami diskusikan bersama pada hari ini,” tandas Bass.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU