Akreditasi Kampus Polikant: BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BAN-PT melakukan asesmen lapangan untuk menentukan apresiasi atau nilai akreditasi kampus Polikant.


Langgur, suaradamai.com – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan (AL) terhadap Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant).

Kegiatan asesmen itu bertujuan memverifikasi laporan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Polikant, yang pada akhirnya menentukan nilai akreditasi kampus.

Asesmen dilakukan selama dua hari, 6-7 Oktober 2023. Hadir dua asesor di Polikant, yakni Prof. Dr. Mulyono Basko, M.Sc dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Dr. Ir. Joko Samiaji, M.Sc dari Universitas Riau. Sementara satu asesor hadir secara daring yaitu Ir. Muh. Iqbal Djawad, M.Sc., Ph.D dari Universitas Hasanuddin.

Tim asesor melakukan asesmen awal bersama pimpinan civitas akademika, dosen, dan tenaga pendidik di ruang kerja Direktur Polikant.

Selanjutnya tim melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau sarana dan prasarana di kampus biru itu, dalam rangka mengecek kesesuaian antara data yang dikirim dengan kondisi lapangan.

Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan berharap, asesmen lapangan ini dapat memberikan apresiasi atau nilai akreditasi yang baik bagi Polikant.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan asesemen, Rahajaan menjelaskan singkat mengenai perkembangan Polikant hingga proses akreditasi 10 Program Studi (Prodi) dan upaya akreditasi kampus secara keseluruhan.

Menurut Rahajaan, akreditasi ini sangat penting. Karena selain menjadi ukuran bagi Polikant untuk terus mengembangkan diri, akreditas membuka peluang bagi Polikant untuk bersaing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.

Selain itu, akreditasi menjadi suatu bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan pendidikan kepada masyarakat, sehingga adanya akreditasi turut mendorong angka penerimaan mahasiswa baru.

Selanjutnya, Rahajaan mengatakan, akreditasi juga punya pengaruh besar dalam mengakses dukungan dari pemerintah pusat (Pempus). Menurut Rahajaan, Pempus, akan memberikan dukungan, misalnya anggaran, sesuai dengan akreditasi kampus.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU