Politeknik Perikanan Negeri Tual Targetkan Akreditasi Prodi dan Institusi Tuntas Tahun Ini

Hingga sekarang, dari 10 program studi (Prodi) di Polikant, lima Prodi sudah terakreditasi. Sementara dari sisi pengusulan untuk akreditasi sudah mencapai 90 persen.


Langgur, suaradamai.com – Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menargetkan akreditasi seluruh program studi (Prodi) dan institusi tuntas tahun ini.

Kepada Suara Damai di ruang kerjanya, Rabu (23/2/2022), Ketua Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI) Polikant A. Malik Serang menyebutkan, dari 10 Prodi di kampus biru itu, lima Prodi sudah terakreditasi.

Adapun lima Prodi yang terakreditasi tersebar di jenjang Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4).

Secara rinci, untuk jenjang D3 yakni Prodi Tekonologi Hasil Perikanan (THP) dan Agribisnis Perikanan (AGP) telah terakreditasi. Sementara Prodi Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) akan mengkikuti asesmen lapangan pada 25-26 Februari, sebagai penilaian akhir untuk mendapat sertifikat akreditasi. Kemudian Prodi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) sedang menunggu jadwal asesmen lapangan.

Untuk jenjang D4, tiga dari enam Prodi sudah terakreditasi, yaitu Agrowisata Bahari (AWB), Teknologi Kelautan (TKL), dan Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan (MRPHP).

Sedangkan Prodi Bioteknologi dan Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap (MRPT) sudah melakukan pengajuan asesmen lapangan (Borang Akreditasi telah diupload ke laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online/SAPTO BAN-PT). Kemudian MRBL sementara menyelesaikan Borang Akreditasi.

“Untuk MRBL diperkirakan antara akhir bulan ini atau awal bulan depan kita sudah upload ke laman SAPTO BAN-PT,” kata Malik.

Mantan Pembantu Direktur (Pudir) I Bidang Akademik itu menambahkan, pihaknya juga sementara menyusun Borang untuk akreditasi institusi.

“Target institusi ini mudah-mudahan bisa kita selesaikan dalam waktu yang tidak lama, mungkin antara satu sampai dua bulan sudah bisa upload ke laman SAPTO,” kata Malik.

“Kita upayakan tahun ini seluruh program studi, termasuk Akeditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) sudah selesai, dan mudah-mudahan bisa mendapat nilai yang baik,” imbuh Malik.

SPMI, kata Malik, akan terus membenah diri sehingga mengaplikasikan proses penjaminan mutu di seluruh unit/bagian di Polikant berjalan dengan baik.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU