Begini Tanggapan Anggota Komisi IV DPRD Maluku, Soal Insentif Nakes Relawan covid-19 Tahun 2021 pada Rumkital

Dijelaskan, Menyangkut 96 hal nakes, dengan anggaran sebesar 3,2 Miliar sebenarnya sudah masuk ke anggaran RSAL, namun pihak RS mengembalikan ke kas negara sebagai pendapatan bukan pajak.


Ambon, Suaradamai.com – Polemik insentif Nakes Relawan covid-19 tahun 2021 pada Rumkital dr .F.X Suhardjo, hingga saat ini belum ada kejelasan serta tanggapan serius dari Andi Munaswir selaku anggota komisi IV DPRD Maluku.

Terkait Hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Maluku, Angkat bicara. mengatakan persoalan  ini memang sudah pernah  diadakan rapat serta upaya bersama pihak-pihak terkait, Senin (09/01/2023).

Dijelaskan, Menyangkut 96 hal nakes, dengan anggaran sebesar 3,2 Miliar sebenarnya sudah masuk ke anggaran RSAL, namun pihak RS mengembalikan ke kas negara sebagai pendapatan bukan pajak.

Seharusnya, Dinkes Provinsi Maluku harus punya upaya lebih keras untuk proses pembayaran Nakes.

Menurutnya, saat pandemi kita semua sangat membutuhkan Nakes, dan mereka ada bersama pemerintah, tapi saat hak-hak nya belum dipenuhi pemerintah juga harus ada bersama relawan Nakes jangan terkesan lepas tangan.

Munaswir yang juga merupakan ketua fraksi Gerindra DPRD Maluku ini, menyebutkan. Ini sebenarnya hanya masalah kurang koordinasi antar pihak Dinkes dengan Manajemen RSAL saja, sebenarnya tidak harus dikembalikan semuanya.

Salah satunya mungkin karena keterbatasan pemahaman dan informasi sehingga dampaknya hak nakes tidak bisa terbayarkan hingga kini.

“Namun informasi yang kami dapatkan sementara di urus pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau yang disingkat BPKP, untuk dibayarkan kembali,” Terang Legislator Dapil Malteng ini.

Munaswir di kesempatan yang sama juga meminta pihak nakes agar bersabar dan menunggu hak-haknya yang sementara diperjuangkan di pusat.

“Yang diperlukan hanya kesabaran dan mempercayai semua proses kepada pihak-pihak terkait, kami tidak akan menutup mata dan tetap memperjuangkan hak nakes sebagai garda terdepan perjuangan Covid-19, pemerintah harus tetap bersama Nakes,” Pintanya.

Surat terbuka dari tenaga kesehatan (Nakes) pada Rumkital dr, F.X Suharjo tengah ramai dipampang di beberapa ruas jalan kota Ambon.

Untuk di Ketahui, Hak-hak Nakes belum dibayarkan, padahal pihak nakes hanya meminta baik pemerintah provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, agar jangan menutup mata, diam dan acuh tak acuh.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU