BPOM Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Usia Ke 19

Dengan peluncuran PTSP ini, diharapkan membantu percepatan pendaftaran produk di BPOM sehingga peredaran makanan di Maluku terjamin aman.

Ambon, suaradamai.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku meluncurkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mall, dengan Tema “Perkuatan Kelembagaan dan SDM BPOM Menuju Masyarakat Sehat dan Berdaya Saing.” Acara HUT Ke-19 ini juga diselenggarakan dengan meriah di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (8/2/20).

Kepala BPOM Maluku, Hariani, dalam sambutannya menjelaskan 19 tahun bukanlah waktu yang singkat, maka dalam perjalanannya BPOM Ambon terus melakukan inovasi, baik itu yang digunakan secara internal maupun yang dapat digunakan oleh stakeholder.

“Ada 2 inovasi unggulan peningkatan kualitas pelayanan publik di BPOM di Ambon, yaitu PTSP at Mall dan UMKM Jumping. Dikatakan at Mall karena BPOM akan membuka stand di Farmers Market, dengan pelayanan E-Registrasi pangan, layanan informasi online, layanan pengaduan online, layanan pengujian, dan lain-lain,” paparnya.

Hariani juga mengharapkan dengan hadirnya PTSP di Mall dapat mempermudah dan mempercepat waktu pelayanan serta pelayanan lebih dekat dengan masyarakat.

Sedangkan untuk UMKM Jumping adalah inovasi untuk mendukung UMKM dalam membuat suatu lompatan agar usaha lebih maju, dengan mempermudah proses pendaftaran produk melalui kegiatan penjaringan, pendampingan, dan pendaftaran produk di BPOM.

Menurut Hariani, untuk mendukung inovasi UMKM Jumping ini pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Disperindag, Dinas Koperasi dan UMKM, serta BUMN lainnya termasuk BUMDes. UMKM yang memiliki potensi, akan mendapatkan pendampingan dan pendaftaran produk di BPOM.

“Harapan kami dengan adanya inovasi pelayanan publik ini dapat membantu percepatan pendaftaran produk di BPOM melalui registrasi online dan PSP, dan semakin dekat kepada masyarakat dalam rangka melindungi masyarakat Maluku dari peredaran makanan dan obat yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan,” ujarnya. (chintiasamangun/labesremetwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU