Bupati KKT: Perjuangan PI 10 Persen Untuk Mengubah Permen

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fatlolon mengaku, Menteri ESDM telah membentuk tim untuk melakukan revisi terhadap permen tersebut.


Ambon, suaradamai.com – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menyampaikan, perjuangan participating interest (PI) 10 persen blok Masela untuk mengubah permen ESDM.

Diketahui, Aturan tentang Participating Interest (PI) tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 37 Tahun 2016 tentang ketentuan penawaran PI sebesar 10% pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Fatlolon mengaku, Menteri ESDM telah membentuk tim untuk melakukan revisi terhadap permen tersebut.

“Ketika ada perubahan permen, maka ada pembagian tiap kabupaten, misalnya untuk provinsi dapat berapa persen, KKT berapa persen serta kabupaten/kota lain berapa persen,” jelas Fatlolon, usai mengikuti Musrenbang RKPD Provinsi Maluku di Ambon, di Swissbell Hotel Ambon, Kamis(22/4).

Menurut Fatlolon, Blok Masela merupakan masalah unik, tidak seperti industri migas pada blok blok lain. Pasalanya, di tempat lain, wilayah sumbernya dibawa 12 mil, sedangkan untuk blok Masela diatas 12 mil, namun pengelolaannya ada pada daratan Yamdena.

“Blok mesela itu 100 persen dibangun di kepulauan tanimbar, tidak ada 1 batang pipapun dibangun di kabupaten lain. Selama ini tanimbar berjuang untuk mendapatkan porsi tanpa mengabaikan aturan,” ujar fatlolon,

Lebih lanjut Ia menyampaikan , apapun keputusan pemerintah pusat tentang pembagian porsi tetap disyukuri.

“Jika ada pembagian satu persen, kita bersyukur, dua persen, kita bersyukur, tiga, atau lima persen juga tetap kita bersyukur ,” pungkas Fatlolon.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU