Bupati Resmikan Listrik 24 Jam di Kebut: Target Tahun Ini sampai Ohoi Ur

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rasa haru dan suka cita menyelimuti acara peresmian. Masyarakat bersyukur, bernyanyi, bersorak menyambut listrik 24 jam itu.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun meresmikan Listrik Desa (Lissa) 24 jam untuk Ohoi Banda Efruan dan Banda Ui, Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

Acara peresmian dilaksanakan di Ohoi Banda Efruan, Senin (8/11/2021). Turut hadir, pimpinan dan anggota DPRD, Manajer PT. PLN UP3 Tual, Camat Kei Besar Utara Timur, TNI-Polri, dan masyarakat setempat.

Rasa haru dan suka cita menyelimuti acara peresmian. Masyarakat bersyukur, bernyanyi, bersorak, menyambut listrik 24 jam itu. Bahkan ada teriakan “lanjutkan dua periode” yang ditujukan kepada Muhammad Thaher Hanubun atas perhatiannya terhadap masyarakat di Kei Besar.

Dalam laporannya, Manajer PT. PLN UP3 Tual Alex Manuhua menjelaskan, penyalaan listrik desa Banda Efruan dan Banda Ui ini merupakan yang kedua kalinya dari rangkaian penyalaan Lissa di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, yakni dari Ohoifau, Ohoifaruan, Watlar, Banda Efruan hingga Ohoi Ur.

“Setelah Banda Ui dan Banda Efruan selanjutnya secara bertahap disusul oleh Banda Suku 30, Banda Suku 80, Banda Eli, Fanwav hingga Ohoi Ur. Target kami dalam tahun ini bisa melistriki hingga Ohoi Ur,” jelas Alex.

Alex mengatakan, dengan tambahan Banda Efruan dan Banda Ui maka PLN telah berhasil menyalakan 34 desa di Kabupaten Maluku Tenggara dari 2020 hingga awal November 2021 ini. Rumah yang telah terlistriki sebanyak 1.949 rumah.

Untuk melistriki Kecamatan Kei Besar Timur dari Banda Efruan hingga Ohoi Ur, lanjut Alex, PLN telah membangun infrastruktur kelistrikan di antaranya Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 12,2 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 5,1 kms dan Gardu Distribusi sebanyak 15 unit.

Khusus untuk Banda Efruan, sudah 88 rumah yang dipasangi kWh meter dan sudah menyala. Sementara untuk Banda Ui, dari total 54 rumah, baru 1 yang menyala. “Tentunya semua rumah di Banda Efruan dan Banda Ui akan dinyalakan secara bertahap setelah dilakukan pembayaran Biaya Penyambungan,” jelas Alex.

Sementara itu, Bupati Malra M. Thaher Hanubun menegaskan, selain hadir meresmikan listrik 24 jam, Ia juga hadir untuk memastikan bahwa setiap rumah yang ada di Ohoi Banda Efruan dan Banda Ui harus teraliri listrik.

“Saya hanya datang untuk memastikan bahwa kalau rumahnya layak untuk untuk disinari listrik, kenapa tidak. Jadi saya datang hanya untuk memastikan. Jangan pilih kasih. Semuanya harus dinyalakan,” tegas Bupati.

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Thaher menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan kelistrikan di Pulau Kei Besar, terutama Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

Editor: Labes Remetwa


“Setelah Banda Ui dan Banda Efruan selanjutnya secara bertahap disusul oleh Banda Suku 30, Banda Suku 80, Banda Eli, Fanwav hingga Ohoi Ur. Target kami dalam tahun ini bisa melistriki hingga Ohoi Ur,” kata Manajer PT. PLN UP3 Tual Alex Manuhua.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU