Busana Adat Warnai Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Tual

Pemkot Tual juga menggelar rupa-rupa lomba pada peringatan Hardiknas kali ini, seperti lomba bertutur dalam bahasa Kei, membaca puisi dalam bahasa Kei, pantun dalam bahasa Kei, lomba proyek sains.


Langgur, suaradamai.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei, baru dapat dilaksanakan secara nasional pada hari ini, Jumat 13 Mei 2022. Peringatan Hardiknas ditunda karena bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Pelaksanaan peringatan hari pendidikan di Kota Tual, Provinsi Maluku, berbasis kearifan lokal. Mulai dari busana upacara, lomba-lomba, hingga sajian makan siang bersama.

Selaku Inspektur Upacara, Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengenakan pakaian adat Kei warna kuning hitam. Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge menggunakan batik kuning hitam. Para tamu undangan dan peserta upacara juga memakai pakaian adat daerahnya masing-masing.

Sebagian besar tamu undangan dan peserta mengenakan pakaian adat Kei dengan berbagai corak dan warna. Ada kuning, merah, dan ungu. Selain itu, ada juga yang menggunakan pakaian adat Tanimbar, Papua, Maluku Barat Daya, Buton, Bugis, Timor, Toraja, hingga Binjai Sumatera Utara.

Tidak hanya melestarikan budaya lewat pakaian adat, Pemkot Tual juga berkomitmen menjaga adat Kei dengan menggelar lomba-lomba berbahasa Kei tingkat SD dan SMP. Adapun mata lomba yang dilombakan yakni bertutur dalam bahasa Kei, membaca puisi dalam bahasa Kei, pantun dalam bahasa Kei, lomba proyek sains.

Para pemenang lomba berkesempatan tampil di depan Wali Kota dan tamu undangan. Salah satu pemenang lomba bertutur menarik perhatian setiap pasang mata yang hadir di Lapangan Lodar El. Gadis itu menyampaikan cerita lucu dengan penuh semangat dan membuat semua yang hadir tidak dapat menahan tawa.

Gebyar Hardiknas semakin meriah ketika ratusan siswa-siswi dari TK, SD, dan SMP menampilkan tarian kolaborasi, tari panah, tari sawat, dan lainnya, dipadukan dengan kirab merah putih sepanjang 20 meter.

Editor: Labes Remetwa


Pelaksanaan peringatan hari pendidikan di Kota Tual, Provinsi Maluku, berbasis kearifan lokal. Mulai dari busana upacara, lomba-lomba, hingga sajian makan siang bersama.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU