Rabu, Oktober 28, 2020

Camat Tayando Tam: Kesiapan “Met Ef Tahayad” Sudah 80 Persen

Pengunjung juga akan diajak mengunjungi obyek wisata di Kecamatan Tayando Tam.


Tual, suaradamai.com – Pelaksanaan “Met Ef Tahayad” tinggal menghitung hari. Pihak Desa Yamru sebagai inisiator, desa tetangga, pihak Kecamatan Tayando Tam, Pemerintah Kota Tual dan instansi lainnya bahu membahu tengah menyiapkan kegiatan yang akan digelar pada 22 Oktober itu.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Camat Tayando Tam Yasin Rahayaan mengatakan bahwa kesiapan Met Ef Tahayad Kuber Leer 2020 sudah mencapai 80 persen.

“Kesiapan sudah 80 persen. Ada dukungan juga dari seluruh SKPD/OPD, BUMN yang ada di wilayah Kota Tual. Dukungan juga dari desa tetangga. Kegiatan ini masih bersifat lokal, tingkat kecamatan. Mungkin nanti dihadiri Forkopimda, OPD, tokoh agama tokoh masyarakat se-Kecamatan Tayando Tam. Mungkin kita undang juga masyarakat yang ada di daratan sini (Kecamatan Dullah Utara dan Kecamatan Dullah Selatan),” kata Yasin kepada suaradamai.com, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Dispar Tual Dukung Warga Tayando Bikin Festival “Met Ef”

Yasin menjelaskan, kegiatan ini merupakan gagasan Penjabat Kepala Desa Yamru dan didorong oleh pihak Kecamatan Tayando Tam.

Adapun atraksi yang akan ditampilkan pada kegiatan itu adalah atraksi seni budaya dan kunjungan ke obyek-obyek wisata.

Atraksi seni budaya yang akan ditampilkan berupa pentas Dabus (menancapkan alat tajam ke tubuh), dimana atraksi itu merupakan kolaborasi tiga desa antara lain Desa Yamru, Yamtel dan Langgiar. Ada juga tarian dari siswa SD dan SMP, serta goyang Met Ef Tahayad. Selain itu akan dilaksanakan tutup Meti dan tangkap ikan secara tradisional.

Pengunjung pun akan diajak mengunjungi obyek wisata di Kecamatan Tayando Tam seperti Batu Kapal, Masjid Tua Penyiaran Agama Islam masuk tanah Kei, lokasi tujuh tengkorak, dan Batu Timbul tengah laut depan Pantai Kuber.

“Kami sudah siapkan semua. Kendala di sana mungkin jaringan komunikasi dan transportasi saja. Jadi alternatif yang kita pakai itu Fery untuk tamu. Sedangkan Pak Wali, Forkopimda, dan OPD itu menggunakan kendaraan khusus,” jelas Yasin.

Baca juga: Hadiri Khatam Quran di Tayando Tam, Wali Kota Ajak Generasi Muslim Bumikan Al-Quran

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan itu. Dispar, kata Enggelina, akan membatu mengatur jalannya acara serta membikin video promosi pariwisata Kecamatan Tayando Tam.

“Dinas Pariwisata melihat kegiatan itu sebagai peluang (pariwisata) yang mana mereka mau mengangkat budaya yang akan ditampilkan di Pantai Kuber,” ujar Enggelina kepada wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Enggelina menambahkan pihaknya sudah turun lapangan dan juga melakukan sosialisasi terkait pariwisata. Kegiatan ini, jika didukung oleh masyarakat, maka akan dimasukkan dalam kalender iven tahunan pariwisata Kota Tual.

Editor: Labes Remetwa


Ada atraksi seni budaya dan kunjungan ke obyek-obyek wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU