Selasa, Januari 19, 2021

DPRD Kesulitan Sampaikan Pandangan Akhir Fraksi Karena Kekurangan Pegawai

Pemkab Malra merumahkan honorer, termasuk honorer fraksi yang merupakan rekomendasi Partai Politik.


Langgur, suaradamai.com – DPRD Kabupaten Maluku Tenggara kesulitan menyampaikan pandangan akhir fraksi karena terjadi kekurangan pegawai yang tugasnya membantu anggota fraksi, termasuk mengerjakan pandangan akhir fraksi.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Albert Efruan menjelaskan, seluruh pegawai fraksi berasal dari pegawai honorer yang merupakan rekomendasi Partai Politik.

“Karena perintah saudara Bupati untuk merumahkan (pegawai honorer) melalui surat yang turun, makanya kami juga kesulitan. Seluruh fraksi pada kesulitan. Padahal pandangan umum fraksi harus dikerjakan oleh staf fraksi,” jelas Albert kepada wartawan setelah menskors rapat paripurna, Selasa (12/1/2021).

Albert minta pemerintah daerah segera menjawab kebutuhan fraksi. “Kebutuhan fraksi itu bagian daripada tanggung jawab kita sebagai partai politik,” tegasnya.

Selain kekurangan pegawai di fraksi, DPRD juga mengalami kesulitan membedah isi draft dan naskah akademik lima buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh Pemkab Malra.

Pasalnya, dari lima buah Ranperda yang diusulkan, hanya ada draft dan naskah akademik tiga Ranperda yang sudah diterima DPRD kemarin. Dalam rapat paripurna kemarin, Albert sudah menegaskan agar Pemda menyerahkan draft dan naskah akademik dua Ranperda lainnya sebelum pukul 20.00 WIT.

Pemda, kata Sekda dalam rapat hari ini, baru membawa draft dan naskah akademik dua Ranperda lain sekitar pukul 21.00 WIT. Namun karena sudah tidak ada pegawai di DPRD maka mereka pulang. Dalam rapat lanjutan tadi, pemerintah membawa serta draft dan naskah akademik dua Ranperda yang tertunda.

Albert meminta draft dan naskah akademik dua Ranperda tersebut segera diserahkan ke DPRD agar setiap fraksi membedah isi dokumen-dokumen tersebut. “Yang kami harapkan, setelah Bupati memberikan penjelasan tetang lima buah Ranperda, harus disertai juga dengan lima draft dan naskah akademik, sehingga itu menjadi satu kesatuan dalam rapat paripurna,” ujarnya.

Untuk diketahui, draft dan naskah akademik tiga Ranperda yang sudah diterima yaitu, Ranperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh, Ranperda tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketenteraman dan perlindungan masyarakat, dan Ranperda tentang revisi pajak retribusi terhadap pajak mineral bukan logam.

Sementara draft dan naskah akademik dua Ranperda lainnya yang akan diserahkan oleh Pemda hari ini adalah Ranperda tentang pengeloloaan sampah dan Ranperda tentang retribusi izin gangguan.

DPRD telah membedah draft dan naskah akademik tiga Ranperda kemarin. Albert harap, dalam beberapa waktu kedepan setelah sidang dilanjutkan pada pukul 13.30 WIT sebentar, tujuh fraksi di DPRD Malra sudah selesai menyiapkan pandangan akhir fraksinya terhadap lima Ranperda.

Pantauan suaradamai.com, kelima Kepala OPD pengusul lima Ranperda tersebut juga hadir tadi. Mereka duduk tepat di belakang Sekretaris Daerah dan Kepala Bagian Hukum Setda Malra di ruang sidang utama DPRD Malra.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?