DPRD Malra Ungkap Kinerja ‘Copy Paste’ LKPJ Kepala Daerah Tahun 2019

Hampir semua anggota Pansus menyampaikan interupsi dalam rapat tersebut.


Langgur, suaradamai.com – Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Kabupaten Maluku Tenggara menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah di Ruang Sidang Utama DPRD Malra, Selasa (28/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIT.

Rapat dimaksudkan agar Tim Anggaran memberikan klarifikasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Malra tahun 2019 sebelum Pansus melakukan pembahasan lebih lanjut dengan OPD teknis.

Dalam rapat tersebut, muncul sejumlah kejanggalan yang menimbulkan kesan ‘copy paste’ atau menjiplak laporan tahun sebelumnya.

Hampir seluruh anggota Pansus angkat bicara dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD sekaligus Ketua Pansus, Minduchri Kudubun. Bahkan perwakilan Fraksi PKB yang masuk dalam Pansus, Adolf Markus Teniwut membuang satu jilid LKPJ ke lantai saat menyampaikan interupsi. “Ini pembodohan namanya,” kata Adolf.

Sebelumnya, interupsi datang dari Christo Beruat, Brian Ubra, Eusebius Utha Safsafubun, dan Benedictus Fadly Renyaan, dilanjutkan dengan Imanuel Ufi setelah Adolf Teniwut. Brian bahkan tiga kali melakukan interupsi, Utha dua kali, dan yang lainnya satu kali.

Intinya semua anggota Pansus yang berbicara mempertanyakan ke-valid-an LKPJ Kepala Daerah Tahun 2019 dan mengusulkan agar rapat diskors hingga ada perbaikan LKPJ oleh Tim Anggaran Pemda Malra.

“Saya tidak dalam tendesi apa-apan. Kegagalan pemerintah adalah kegagalan DPRD, keberhasilan pemerintah adalah keberhasilan DPRD,” ujar Brian.

Usai rapat, Koordinator Tim Anggaran Pemkab Malra yang juga adalah Sekda Malra, Ahmad Yani Rahawarin, membenarkan kemungkinan terjadi ‘copy paste’ yang dilakukan oleh pihaknya. Ia menambahkan pihaknya akan melakukan perbaikan untuk diserahkan kembali ke Pansus DPRD.

Untuk diketahui, rapat diskors sampai Rabu, (29/4/2020) pukul 10.00 WIT.

Editor: Labes Remetwa


Koordinator Tim Anggaran Pemkab Malra Ahmad Yani Rahawarin membenarkan kemungkinan terjadi ‘copy paste’.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU