Gubernur Murad Buka Festival Kataloka

“Hal ini merupakan respon cepat dan tepat dalam rangka percepatan dan pengembangan pariwisata di Maluku,” tutup Gubernur.


Ambon, suaradamai.com– Gubernur Maluku Murad Ismail membuka Festival Kataloka ke-VI yang berlangsung di halaman Rumah Raja Negeri Kataloka, Kecamatan Pulau Gorom,  Kabupaten SBT, Senin(20/12/2021).

Festival diselenggarakan dalam upaya melestarikan dan mengembangkan nilai budaya, sekaligus mempromosikan seni di Negeri Kataloka dan SBT pada umumnya.

Gubernur pada kesempatan ini menyatakan, festival ini mestinya dimaknai sebagai bentuk kesadaran  kolektif untuk mencintai, sekaligus melestarikan budaya sebagai modal sosial pembangunan. Dengan demikian, harapan untuk mewujudkan SBT sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia khususnya Maluku semakin nyata. 

“Kita ingin agar wisatawan asing, tidak hanya mengenal Indonesia melalui Pulau Bali saja, tetapi juga mengenal dan menjadikan SBT sebagai destinasi wisata Yang layak untuk dikunjungi,” jelas Gubernur. 

Mengatasnamakan pemerintah daerah, Gubernur mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kataloka dan para pihak Yang telah berkontribusi mensukseskan festival ini. 

“Hal ini merupakan respon cepat dan tepat dalam rangka percepatan dan pengembangan pariwisata di Maluku,” tutup Gubernur. 

Ditempat yang sama, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur mengatakan, Salah satu tujuan diselenggarakannya festival adalah untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya peran adat dan budaya sebagai pranata sosial kemasyarakatan yang lebih terbuka dan berorientasi pada mengenalkan budaya adat kepada dunia melalui daya tarik wisata maupun bentuk moment lainnya. 

“Kegiatan seperti ini diharapkan, dapat terkelola dengan baik dengan koordinasi yang intensif dengan pemerintah dan lembaga teknis sehingga dapat dijabarkan kebijakan pembangunan bidang seni budaya yang lebih tepat,  sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan dapat terwujud,” ujarnya.

Sebagai informasi, Gubernur di kesempatan ini dikukuhkan sebagai Matlean Wanu Atolo’a (Orang Besar di Negeri Kataloka) oleh Raja Negeri Kataloka Jou. E. A. R Wattimena. 

Gubernur juga melaunching Sinar Victoria Kataloka FC (Club sepak), ditandai penyerahan jersey dari Raja setempat. 

Kepala daerah juga menyerahkan beberapa bantuan dana, diantaranya kepada panitia pembangunan Masjid Nurul Mubin, Dusun Rumbawa, Petuanan Kataloka senilai Rp. 75 juta, panitia pembangunan Masjid Nurul Hidayah Desa ADM Aro Kataloka senilai Rp. 75 juta, panitia pembangunan Masjid At-Taqwa, Desa ADM Dulal senilai Rp. 75 juta,

panitia pembangunan Masjid Nurul Insan Dusun Rumata senilai Rp. 75 juta, panitia pembangunan Masjid At-Taqwa dan Desa ADM Dulal senilai Rp. 75 juta.

Di festival kali ini, ada beberapa tarian yang diperagakan yakni Tati Sawat Bongkorey, Tari Tiwal Kinor sebagai doa dalam penyerahan bendera kerajaan dan pengukuhan Gubernur sebagai Matlean Wanu Atolo’a (Orang Besar di Negeri Kataloka), Tari Perang Jou Besi, Tari Tiwal Tobelo dan Tari Silat Jala. 

Kegiatan ini dihadiri Plh. Sekda Maluku Sadli Ie, Kadis Pariwisata Max Marcus. J. Pattinama, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku/OPD Kabupaten SBT/Kecamatan Pulau Gorom.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU