Ini Langkah DPRD dalam Rangka Penanganan Dampak Corona di Kota Tual

DPRD akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam menghadapi ancaman Covid-19.


Tual, suaradamai.com – Mengantisipasi dan mengatasi berbagai persoalan di tengah pandemi corona di Kota Tual, DPRD telah mengambil langkah-langkah koordinasi dengan sejumlah pihak terkait dengan kemudahan kredit hingga ketahanan pangan.

Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifuddin Borut mengatakan, sebelum penutupan akses perhubungan laut dan udara, sejak dua bulan lalu DPRD telah menyurati Pelni terkait pemberhentian sementara kapal penumpang ke Pelabuhan Yos Sudarso Tual. Serta melakukan koordinasi dengan Bandara Dumatubun Langgur untuk maksud yang sama. Membatasi penerbangan.

“Bandara tidak bisa ditutup pada saat itu (saat melakukan koordinasi), karena bandara itu vital. Tidak hanya melayani penerbangan komersial, tetapi penerbangan lintas negara juga kaitannya dengan pertahanan keamanan,” jelas Alan, sapaan Hasan, kepada suaradamai.com usai rapat bersama Forkopimda dan Pemkot Tual terkait dampak ketahanan pangan dan jaringan pengamanan sosial.

Alan menambahkan bahwa pihaknya juga telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak Bank terkait kebijakan OJK untuk meminta kemudahan penangguhan kredit bagi UMKM (Rp 10 M ke bawah). DPRD juga meminta hal yang sama kepada pihak leasing terkait kelonggaran kredit kendaraan.

“Nasabah yang berhubungan dengan mereka (Bank dan leasing), dan Bank dan leasing telah memenuhi persyaratan administrasi mereka. Jadi ada keringanan,” jelasnya.

Dalam menghadapi situasi pandemi corona serta puasa dan persiapan lebaran bagi umat Muslim, DPRD pun telah berkoordinasi dengan pihak Bank terkait kesiapan uang fisik di Kota Tual.

“Koordinasi juga denganpihak Lanud dan Lanal, kaitannya dengan kesiapan sarana yang mereka miliki. Karena kita tahu saat ini sudah ada pembatasan perhubungan,” kata Alan. “Pihak Bank telah menjamin itu (ketersediaan uang fisik),” tambahnya.

Selain itu, DPRD juga sudah melakukan RDP dengan Bulog dan Pertamina.

“Bulog telah menyediakan beberapa ratus ton (beras) untuk beberapa jangka waktu kedepan. Tetapi lagi-lagi, kita tetap dalam ikhtiar karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” tukasnya.

“Jadi, koordinasi akan terus kami lakukan,” pungkas Alan.

Editor: Labes Remetwa


DPRD telah mengambil langkah-langkah koordinasi dengan sejumlah pihak terkait dengan kemudahan kredit hingga ketahanan pangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU