Jelang Natal Dan Tahun Baru, Disperindag Maluku Gelar Rakorda Bahas Stabilitas Harga

Dia menyadari di beberapa daerah bisa terjadi surplus dan daerah lain juga terjadi minus.


Ambon, suaradamai.com – Antisipasi stabilisasi harga dan ketersediaan  bahan kebutuhan Pokok, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menggelar rapat koordinasi daerah, yang dihadiri semua dinas perusahaan perdagangan dari seluruh provinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Plh Sekda Maluku, Sadali Ie, mengatakan, menjelang hari besar keagamaan Nasional baik hari Natal maupun Tahun Baru dan Idhul Fitri, biasanya terjadi peningkatan permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok yang meningkat cukup signifikan  sehingga berdampak kepada ketersediaan pasokan dan stabilitas harga.

“Guna mengantisipasi kondisi tersebut,  hari ini Pemerintah Provinsi  Maluku  melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bidang Perdagangan Dalam Negeri melaksanakan kegiatan Rakorda,”ucapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut,  ada beberapa hal yang disampaikan Plh Sekda Maluku, yaitu segera lakukan koordinasi lintas sektor kabupaten Kota secara cepat, terpadu, karena sebagian besar kebutuhan pokok masyarakat  di pasok dari luar daerah.

“Lakukan langkah-langkah kesiapan dalam menghadapi tingginya permintaan  masyarakat jelang  Natal 201 dan Tahun Baru  2022 di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak kepada kebutuhan masyarakat. Begitulah  hukum suplai  demand pasti berlaku ketika permintaan tinggi pasti harga naik,”tandasnya.

Dirinya meminta agar Disperindag Provinsi dan Kabupaten Kota memastikan  ketersediaan stok, kelancaran distribusi, kestabilan harga barang pokok masyarkat terjamin.

Dia menyadari di beberapa daerah bisa terjadi surplus dan daerah lain juga terjadi minus.

“Dan pada hari ini kami harapkan, terutama kepada bapak ibu dari dinas kabupaten kota tolong menyampaikan berbagai permasalahan yang di hadapi atau kendala yang di hadapi dalam pendistribusian barang kebutuhan pokok ke seluruh wilayah administratif  kabupaten Kota,”pintanya.

Menurutnya,  menjelang Desember pasti terjadi perubahan cuaca yang biasa disebut pancaroba. Ada daerah-daerah tertentu yang tidak bisa didatangi karena harus lewat laut yang ombaknya cukup tinggi. Jadi perlu antisipasi sejak awal, mumpung saat ini cuaca masih bagus. 

“Di forum inilah kita tuntaskan dengan berbagai langkah-langkah strategis yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi semua permasalahan yang di prediksi kan bakal terjadi menjelang peringatan Natal dan tahun baru tersebut,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan Rapat  Koordinasi Daerah Bahan Kebutuhan Pokok yang yang di laksanakan saat ini, selain merupakan agenda tahunan tetapi juga sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi Nasional barang kebutuhan pokok, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan di Bandung pada tgl 15 November 2021 yang di pimpin langsung  Mentri Perdagangan.

“Melalui rapat ini, kita dapat mengetahui kesiapan masing-masing kabupaten kota dalam menghadapi tingginya permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok di daerah, yang tentu akan berdampak pada ketersediaan stok dan stabilisasi harga dan barang kebutuhan pokok di kabupaten kota,”terangnya.

Hadir dalam Rakorda tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku beserta seluruh jajarannya , anggota DPRD Komisi III, Anos Jeremias, Kepala Bulog Kanwil Maluku dan Maluku Utara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku , Ketua Satgas Pangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kota se  Maluku, operator pelayanan, Kapolsek Pelabuhan, dan  para distributor.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU