Kejar Target Akreditasi, Prodi MRPT Polikant Ikut Asesmen Lapangan

Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) mengejar Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) tuntas dalam tahun ini. Pada akhir bulan ini, Tim Akreditasi Institusi Polikant akan mengajukan akreditasi institusi (APT).


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) mengejar target Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) tuntas dalam tahun ini.

Salah satu syarat untuk mengajukan APT adalah 70 persen dari seluruh Program Studi (Prodi) di kampus tersebut sudah harus terakreditasi.

Untuk itu, kampus biru itu gencar mengakreditasi 10 Prodi-nya sejak tahun lalu. Kini, sudah ada sembilan Prodi yang terakreditasi. Satu diantaranya adalah Prodi Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap (MRPT) yang baru saja mengikuti asesmen lapangan pada 12-14 Mei lalu.

Ketua Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI) Polikant A. Malik Serang menjelaskan, proses asesmen lapangan ini merupakan tindaklanjut usulan Borang Akreditasi yang diajukan Prodi MRPT ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Asesmen lapangan, Serang menjelaskan, merupakan wadah untuk mengecek dan memverifikasi data-data yang diusulkan ke BAN-PT.

“Ada dua asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT (untuk asesmen lapangan Prodi MRPT), yaitu Prof. Mulyono dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Dr. Royke Iwan dari Universitas Sam Ratulangi (Unstrat),” sebut Serang.

Serang melanjutkan, kegiatan tersebut dilakukan secara daring dan luring, dimana Prof. Mulyono langsung turun ke Polikant sementara Dr. Royke Iwan lewat daring.

Verifikasi yang dilakukan meliputi 9 standar, yakni visi misi, tata pamong, mahasiswa, SDM, sarana prasarana, pendidikan, penelitian dan pengabdian, dan luaran tri dharma.

“Mereka juga melakukan verifikasi tentang pengembangan Prodi yang dilakukan oleh institusi. Kemudian data-data penelitian pengabdian, dosen tetap Prodi, perkuliahan dan praktikum, pelaksanaan magang, dan kerja sama,” tambah Serang.

Usai asesmen, kegiatan dipadukan dengan pembahasan berita acara asesmen yang melibatkan asesor, tim akreditasi Prodi, pimpinan dan tenaga kependidikan Polikant.

“Berita acaranya sudah ditandatangani dan dikirim ke BAN-PT. Kita menunggu hasil … Kami berkeyakinan bahwa MRPT pasti mendapat akreditasi minimal baik. Mudah-mudahan mencapai baik sekali,” ujar Serang.

Mantan Pembantu Direktur (Pudir) 1 Bidang Akademik Polikant itu juga memastikan, bahwa tahun ini akreditasi institusi (APT) sudah bisa keluar. Akhir bulan ini, Tim Akreditasi Institusi Polikant akan mengajukan akreditasi institusi (APT).

“Kami bekerja ekstra. Kami berharap (Polikant) bisa mendapat predikat baik sekali,” ujar Serang.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU