Kembangkan Aplikasi Manajemen Talenta, Pemkot Jayapura Jamin Pengembangan Karir ASN

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

“Kedepannya, yang menduduki jabatan adalah mereka yang telah dipetakan kompetensinya untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong. Jadi, tidak ada lagi intervensi politik,” jelas Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Jayapura Robert Betaubun.


Jayapura, suaradamai.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura terus berupaya meningkatkan kinerja dan menjamin pengembangan karir Aparatur Sipil Negara (ASN). Upaya itu diwujudkan melalui kerja sama antar daerah yang dilakukan Pemkot Jayapura dengan Pemkot Tangerang.

Bertempat di Aula Kantor Wali Kota Tangerang pada Senin (13/3/2023), kedua pihak telah meneken Memorandum of Understanding (MoU) tentang smart city.

Kemudian, pada kesempatan yang sama, ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BKPSDM Tangerang dengan BKPP Jayapura tentang peningkatan manajemen ASN Kota Jayapura berdasarkan sistem Merit.

Kepala BKPP Kota Jayapura Robert J. Betaubun menuturkan, sejak menduduki jabatannya pada 2017 lalu, ia telah memulai dengan meluncurkan aplikasi e-Kinerja. Kemudian penerapan sistem merit secara manual pada 2018.

Kali ini, melalui kerja sama dengan Pemkot Tangerang, Pemkot Jayapura menghadirkan aplikasi Manajemen Talenta.

Aplikasi ini meliputi delapan aspek yaitu perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir (standar kompetensi teknis jabatan), promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, dan sistem informasi.

Melalui aplikasi Manajemen Talenta ini, menurut Betaubun, semua kualifikasi pendidikan, kinerja, sampai kompetensi dari setiap ASN terpetakan. Betaubun mengatakan, hal ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pengembangan karir setiap ASN.

“Katakanlah, kepala dinas pendidikan (pensiun). Itu kita sudah tahu, ada tiga orang punya nama ada di dalam boks 9 (di aplikasi), yang siap jadi kepala dinas pendidikan. Jadi pada saat, misalnya, bupati/wali kota butuh, sudah waktunya untuk diganti, maka kita hanya tunjuk tiga orang ini saja yang Bapa (Bupati/Walikota) pilih salah satu, karena mereka yang kompeten,” jelas Betaubun kepada wartawanlewat telepon, Jumat (17/3/2023).

Pendampingan pembuatan aplikasi Manajemen Talenta oleh Pemkot Tangerang kepada Pemkot Jayapura.
Pendampingan pembuatan aplikasi Manajemen Talenta oleh Pemkot Tangerang kepada Pemkot Jayapura.

Dengan demikian, menurut Betaubun, jabatan-jabatan diisi oleh ASN yang tepat sesuai dengan kompetensi dan jenjang karirnya, sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas secara profesional dan berdampak pada kemajuan daerah.

“Menempatkan orang sesuai kompetensi itu bagian dari meningkatkan pelayanan, produktivitas organisasi, bisa mampu berinovasi, berkolaborasi, dan memajukan organisasi yang dia pimpin,” jelas Betaubun.

Dengan penggunaan aplikasi ini juga, kata dia, dapat mencegah adanya intervensi politik dari pihak-pihak tertentu.

“Kedepannya, yang menduduki jabatan adalah mereka yang telah dipetakan kompetensinya untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong. Jadi, tidak ada lagi intervensi politik,” kata Betaubun.

Untuk diketahui, saat ini sementara dilakukan pendampingan oleh tenaga ahli dari Pemkot Tangerang kepada staf-staf IT di BKPP Kota Jayapura. Pendampingan akan berlangsung selama dua minggu, yang dimulai sejak 15 Maret lalu.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU