Komunitas “Angka Sampah” Tumpas Sampah Plastik Di Ohoi Tamedan

Komunitas yang berdiri 13 Februari 2021 itu, melibatkan masyarakat Ohoi Tamedan untuk menumpaskan sampah di pesisir pantai Tamedan.


Tual, suaradamamai.com – Komunitas Angka Sampah (K-AS) tumpaskan sampah plastik di Ohoi (Desa) Tamedan, Kecamatan Dulah Utara, Kota Tual, Minggu (13/6/2021).

Komunitas yang berdiri 13 Februari 2021 itu, melibatkan masyarakat Ohoi Tamedan untuk menumpaskan sampah di pesisir pantai Tamedan.

Aksi tersebut dilandasi kepedulian terhadap masalah sampah plastik yang setiap hari bertambah dikarenakan faktor arus, pasang surut laut, serta kurangnya kesadaran masyarakat.

Agenda bulanan K-AS itu dimulai sejak pukul 07 hingga pukul 13.00 WIT yang dipimpin langsung oleh ketua komunitas Ahmad Rahantan.

Rahantan mengatakan, Tamedan dipilih sebagai salah satu sasaran aksi karena menumpuknya sampah plastik di pesisir pantai yang harus diatasi secara serius.

“Apalagi saat musim barat dan ditambah masyarakat sering membuang sampah di pantai, maka penumpukan terjadi. Itu berbahaya,” kata Rahantan.

Lanjut Rahantan, penumpukan sampah plastik itu jika dibiarkan, akan merusak ekosistem laut dan juga menimbulkan penyakit bagi masyarakat.

“Semoga dengan aksi yang melibatkan langsung masyarakat ini, dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik di laut,” ucap Rahantan.

Dari aksi tersebut , sebanyak 50 kantong sampah plastik di pesisir Pantai Tamedan berhasil dikumpulkan.

Sampah plastik tersebut akan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ohoi Tamedan sesuai prosedur yang benar.

Editor: Henrik Toatubun


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU