Luncurkan Rumah Singgah, Jasmono: Ada Tujuh Program Prioritas Pembangunan Daerah

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Langgur, Suaradamai,com-  Penjabat Bupati Maluku Tenggara Jasmono meresmikan peluncuran Rumah Singgah Hanarun Ohoi Dunwahan, Sabtu (09/03/2024).

Pj. Bupati dalam sambutannya mengatakan Pemkab Malra akan mengembangan Rumah Singgah Hanarun di 11 kecamatan menjadi sarana guna menyiapkan makanan tambahan dengan nilai gizi yang terstandar dan dikelola oleh tenaga yang terlatih, sehingga dapat menjawab pemenuhan gizi pada balita dan ibu hamil yang mengalami kekurangan gisi.

Jasmono menjelaskan ada 7 program prioritas pembangunan daerah dengan menempatkan penanganan stunting sebagai salah satu prioritas yang dilatarbelakangi kondisi nyata (rill) dimana stunting masih menjadi masalah gizi anak -anak.

Stunting dapat mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan anak kata Jasmono. Stunting berdampak pada tingkat kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. Ia berkomitmen agar permasalahan stunting dapat terselesaikan.

Rumah Singgah Hanarun akan didampingi oleh tenaga terlatih, sehingga diharapkan menjadi sarana stimulasi perkembangan anak dengan menggunakan alat permainan edukatif maupun pengembangan kreativitas anak

“Saya berharap program inovasi ini akan memberikan nilai ungkit terhadap perbaikan status gizi balita dan ibu hamil. Melalui kesempatan ini saya juga menekankan pentingnya dukungan semua OPD terkait, baik Bapedalitbangda, Dinas PPKB, Dinas PMDPPA, Dinas Sosial, Dinas PUTR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perumahan serta pemerintah ohoi, sehingga kegiatan rumah singgah ini dapat terlaksana secara optimal,” tukas Jasmono.

Usai peluncuran yang ditandai dengan pelepasan balon gas bersama para pimpinan OPD Pejabat Bupati Jasmono, mengambil langkah meninjau Rumah Singgah Hanarun Ohoi Dunwahan ia berbincang-bincang bersama ibu dan anak penderita stunting, sekaligus memberikan bingkisan makanan berupa biskuit dan susu kepada 21 anak penderita stunting di Ohoi Dunwahan.

Untuk diketahui Rumah Singgah Hanarun ini diinisiasi oleh tiga orang ASN di Puskesmas Debut- Kecamatan Manyeuw, yang menggagas inovasi Rumah Singgah “Hanarun”, dan dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Maluku Tenggara.

Adapun paket pelayanan Rumah Singgah Hanarun antara lain:

  1. Perlengkapan dapur 1 set
  2. Sarana stimulasi pembangunan anak
  3. Bahan makan untuk PMT
  4. Buku kunjungan dan register pelayanan
Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU