Mahasiswa Polikant Ini Sabet Juara III Lomba MTQ Nasional

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Erna merupakan satu dari dua perwakilan Polikant yang melaju ke final MTQ Politeknik se-Nusantara pada 26 April lalu. Ia akhirnya meraih juara III.


Langgur, suaradamai.comErna Fakaubun, mahasiswa semester VI Prodi Agrowisata Bahari (AWB), menambah daftar panjang mahasiswa Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) yang berprestasi di kancah nasional.

Kali ini, gadis kelahiran Wafol, Kei Besar, 30 Agustus 2000 itu, mengukir prestasi di bidang Festival Keagamaan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk Politeknik se-Indonesia.

“Alhamdullilah, bangga. Beta bersyukur. Ini juga jadi pelajaran dan pengalaman bagi beta, semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” ungkap Erna kepada suaradamai.com, Sabtu (18/5/2024).

Erna merupakan satu dari dua perwakilan Polikant yang melaju ke final MTQ Politeknik se-Nusantara pada 26 April lalu. Ia pun menyabet juara III pada kategori Lomba Tartil Al Aghani Wa Naghamat.

Bagi Erna, capaian itu cukup mengejutkan. Sebab, ayat-ayat Al-Quran yang disodorkan panitia saat lomba, tidak sesuai dengan latihannya.

Meski demikian, Erna yang punya pengalaman pernah mewakili Kabupaten Maluku Tenggara untuk lomba MTQ tingkat Provinsi Maluku tahun 2017 itu, mampu mengatasi tantangan itu.

“Panitia kasih teks yang lain. Sudah kasih tahu ke panitia. Tetapi, lomba tetap ikut yang panitia kasih. Jadi saat tampil memang ada sedikit kesalahan,” ungkap Erna.

Selain itu, Erna juga mendapat tantangan yang cukup dari sisi fasilitas. Lomba yang digelar secara virtual itu membutuhkan peralatan yang menunjang. Erna belum mendapat dukungan baik dari sisi ini.

Kendati begitu, dengan segala keterbatasan itu, tidak membatasi dirinya untuk tampil maksimal. Erna mengaku lewat lomba itu membuatnya makin berani dan percaya diri.

Bahkan ia juga menemukan kekurangannya yang perlu ia benahi, yakni dari sisi Latihan pernapasan dan membaca Al-Quran.

Untuk diketahui, sejak mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Tual, Erna mewakili Kabupaten Maluku Tenggara untuk lomba MTQ tingkat Provinsi Maluku tahun 2017 di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Ia mencetak prestasi yang membanggakan. Erna keluar sebagai juara II Lomba Syahril Quran. Selain itu, Erna juga pernah mengikuti lomba MTQ tingkat kecamatan tahun 2023 lalu.

Editor: Labes Remetwa


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU