MoU dengan Bupati, Polikant Berkomitmen Dukung Pemkab Malra Bangun Perikanan dan Pariwisata

Kerja sama secara menyeluruh baru pernah terjadi sejak 18 tahun Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) dinegerikan.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan dengan Bupati Malra M. Thaher Hanubun di Aula Kantor Bupati, Kamis (18/8/2022).

Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan menjelaskan, kerja sama dengan Pemkab Malra ini bukan yang pertama kali sejak kampus biru itu dinegerikan pada 2004. Sebelumnya, kedua pihak sudah melakukan kerja sama meski hanya biasanya berlangsung satu tahunan.

Lewat penandatanganan nota kesepahaman ini, menurut Rahajaan, kerja sama kali ini sejangka dengan masa jabatan kepala daerah atau sejangka dengan RPJMD.

Meski demikian, kerja sama antara Polikant dan Pemkab Malra juga baru pernah dilakukan secara menyeluruh. Selama ini hanya terjadi ketika ada kegiatan tertentu. Rahajaan menegaskan, lewat MoU ini, sudah dipastikan bahwa tidak harus ada kegiatan baru Polikant dilibatkan.

“Kesepahaman dua pihak, bahwa Polikant menjadi bagian dari pembangunan masyarakat Maluku Tenggara bersama pemerintah daerah. Begitupun Polikant didukung oleh pemerintah daerah dalam pembangunan pendidikan perikanan dan kelautan (dan pariwisata). Itu baru pertama terjadi setelah 18 tahun (Polikant) dinegerikan,” jelas Rahajaan.

Rahajaan berharap, dengan adanya MoU ini kedua pihak bisa melangkah jauh lebih baik. Bagi dia, Polikant tetap fokus pada tridharma dalam lingkup pendidikan vokasi, yang akan dijadikan dasar untuk ikut membangun masyarakat secara langsung maupun melalui program pemerintah daerah.

Kesepahaman dalam membangun masyarakat, menurut Rahajaan, sudah dilakukan oleh Polikant ketika menyusun arah pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat. Rencana penelitian dan pengabdian di Polikant, mengacu pada RPJMD Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Sehingga, sambung Rahajaan, sudah pasti apa yang dilakukan oleh dosen-dosen di Polikant sejalan dengan rencana pemerintah daerah.

Rahajaan menambahkan, Polikant sudah barang tentu akan menyediakan SDM berkompeten, baik untuk diterima pemerintah daerah sebagai ASN maupun diberdayakan sebagai tenaga yang didampingkan ke masyarakat, untuk mengembangkan perikanan dan pariwisata.

Untuk diketahui, setelah penandatanganan MoU tersebut. Ada juga penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Bidang Kerjasama Polikant dengan Dinas Koperasi dan UMKM Malra.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU