Panja DPRD Maluku Tinjau RSUD Haulussy Ambon

”Kita wawancara petugas loket soal berapa lama proses pengurusan termasuk pelayanan BPJS,” kata anggota Panja, Ruslan Hurasan.


Ambon, suaradamai.com – Panitia kerja (Panja) bentukan DPRD Maluku, melakukan On The Spot di RSUD Haulussy Ambon. Kehadiran Panja untuk mengecek pelayanan medis di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Maluku.

Kedatangan Panja yang dipimpin, Benhur Watubun, Jumat (24/9/21) tiba di RSUD Haulussy sekira pukul 14.30 WIT datang bersama tim Panja lainnya masing-masing, Ruslan Hurasan, Hengki Pelata, dan Nia Pattiasina.

Selama melakukan On The Spot tim Panja didampingi manajemen rumah sakit tersebut, mereka langsung mendatangi loket pelayanan untuk menanyakan petugas terkait sistim pelayanan terhadap pasien.

”Kita wawancara petugas loket soal berapa lama proses pengurusan termasuk pelayanan BPJS,” kata anggota Panja, Ruslan Hurasan.

Setelah itu, Panja bergerak ke Bangsal. Disana selain menanyakan pelayanan kepada para pasien.Panja juga mewawancarai tim medis. Para tim medis mengaku, selama ini pelayanan berjalan baik.

”Pasien ditangani dengan baik. Biasanya kalau pasien kritis, ditangani UGD. Jadi dokternya yang langsungctangani,”kata salah satu perawat. menjawab pertanyaan Watubun.

Meski begitu, ketika ditanya soal insentif tenaga kesehatan (Nakes), mereka mengaku, tidak mendapat insentif.

“Yang dapat itu Nakes yang tangani pasien Covid-19. Sementara kita tidak dapat. Padahal, kami juga terancam terdampak Covid-19),” sebut salah satu Nakes.

Tak hanya itu, Panja juga menanyakan sistim administrasi yang dipakai selama ini di rumah sakit terbesar di Maluku itu.

”Kami hanya pakai administrasi manual. Kalau secara online kami sangat setuju,”tandas Nakes yang diwawancarai Panja.

Tim Panja juga berharap agar para Nakes yang ditemui berkata jujur terkait pelayanan, sehingga sistim pelayanan di rumah sakit diperbaiki untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sekedar tahu Panja dibentuk DPRD Provinsi Maluku untuk menyikapi pelayanan medis di rumah sakit milik pemerintah itu yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Hasil Panja dengan memanggil Kadis Kesehatan dan pihak manajemen RSUD Haulussy serta hasil ON The Spot akan dikeluarkan rekomendasi kepada Gubernur Maluku untuk peningkatan pelayanan dirumah sakit itu.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU