Pemerintah Kota Tual Buka Tiga Destinasi Wisata

“Nanti hari Jumat ini pembersihan (tempat wisata), hari Sabtu (8/8/2020) sudah buka resmi,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual telah memberi izin terhadap tiga tempat wisata – Pantai Difur, Danau Waren Ngadi, dan Kolam Renang Ngadi – untuk mulai menerima kunjungan. Izin tersebut ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge.

“Arahan dari Pak Wali Kota, karena beliau berangkat (pada Senin (3/8/2020) lalu), Wakil Wali Kota yang menandatangani. Surat kita sudah sampaikan ke desa,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun di ruang kerjanya, Rabu (5/8/2020).

Enggelina mejelaskan, pihaknya tidak hanya menutup dan membuka destinasi wisata begitu saja. Demi mencegah klaster baru penyebaran Covid-19 di tempat wisata, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk melakukan sosialisasi dan simulasi pengelolaan tempat wisata dalam masa pandemi.

“Dua kali sudah (simulasi), untuk Difur dan Ngadi. Nanti hari Jumat ini pembersihan, hari Sabtu sudah buka resmi,” jelas Enggelina.

Simulasi yang dilakukan yakni cara mencuci tangan, mengatur tempat parkir pengunjung, menggunakan masker selama berada di tempat wisata, dan sebagainya.

Ditanya terkait tempat wisata lain, seperti Nam Indah, Enggelina menjelaskan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan untuk menutup atau membuka tempat wisata tersebut, karena merupakan kewenangan desa. “Kita akan koordinasi dengan PMD untuk kepala desa buka tempat wisata (Nam Indah). Karena ada edaran menteri untuk meningkatkan ekonomi desa. Jadi bisa buka, yang penting terapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Enggelina menambahkan, harga karcis masuk dua tempat wisata tersebut belum ditetapkan. “Nanti digodok oleh desa. Karena pengunjungnya dibatasi,”

Ia harap, baik pengunjung maupun pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona di tempat wisata.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU