Pemkot Ambon Gelar Musrenbang RKPD 2025

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, di Kamari Hotel, Senin (29/4/24).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj. Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena. Musrenbang ini akan diselenggarakan selama dua hari, yakni hingga besok, Selasa (30/4/2024).

Tema RKPD tahun ini adalah “Peningkatan Perekonomian Daerah Melalui Investasi, KUKM dan Pelaku Ekonomi yang Smart Menuju Ambon yang Manis, Demokratis dan Mandiri”.

“Perkembangan Pembangunan Kota Ambon tahun 2023 pertumbuhan ekonomi 4,47 persen, laju inflasi (Maret, 2024) sebesar 2,80 persen year on year menurun dibandingkan bulan Februari sebesar 2,89 persen, indeks pembangunan manusia (2023) mengalami peningkatan 82,84 persen,” sebut Wattimena soal capaian pembangunan, saat memberikan sambutan.

Kepada jajaran, Wattimena menegaskan bawah perkembangan pembangunan tahun 2024 menuntut peran pemerintah guna menjawab kebutuhan masyarakat melalui kerja dan kinerja yang nyata. Oleh sebab itu dirinya menyebutkan ada empat target yang harus dicapai pada tahun 2025.

“Target pencapaian pembangunan Kota Ambon Tahun 2025 itu dapat digambarkan sebagai berikut: pertumbuhan ekonomi ditargetkan pada kisaran 5,50 persen, tingkat pengangguran terbuka ditargetkan berada pada kisaran 10-11 persen, inflasi ditargetkan kurang dari 5 persen, dan presentasi penduduk miskin di bawah 4,30 persen,” terangnya.

Wattimena berharap, para peserta Musrenbang RKPD Tahun 2025 dapat memberikan masukan dan pikiran yang konstruktif. Selain itu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama dengan seluruh stakeholder diharapkan berkolaborasi, bekerja bersama, menjawab tantangan, permasalahan dalam pembangunan.

“Besar harapan kami bahwa Musrenbang RKPD Tahun 2025, akan mendorong konsistensi dan integritas perencanaan antara perangkat daerah dan semua pemangku kepentingan, agar dapat dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat kota ini,” pungkas Wattimena.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU