Pemprov Maluku Kirim Bantuan Bencana ke Tanimbar, Pemda KKT Rilis Data Bencana Sementara

“Pemda KKT juga sudah menyiapkan dana tanggap darurat, yang salah satunya untuk penggunaan penanggulangan bencana alam,” tandasnya.


Saumlaki, Suaradamai.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sore ini, Selasa (10/1) akan mengirim bantuan logistik berupa kasur, obat-obatan, makanan siap saji dan lainnya ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) guna membantu para korban bencana yang terdampak bencana alam gempa bumi tektonik 7,9 magnitudo.

“Setelah mendapatkan informasi gempa bumi ini, Kepala BPBD Maluku langsung berkoordinasi dengan kita untuk menanyakan kondisi di lapangan, serta kebutuhan yang diperlukan untuk di serahkan kepada Tanimbar,” ungkap Penjabat Bupati Daniel Edward Indey, usai memimpin rapat koordinasi bencana alam di kantor bupati setempat.

Dirinya menjelaskan, bantuan logistik yang dikirm oleh pemerintah provinsi ini menggunakan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 72. Dan diperkirakan akan tiba ke Pelabuhan Yos Sudarso, Saumlaki, pada Kamis (12/1). Mengingat kapal yang melayani jalur perintis ini, akan langsung menuju Saumlaki, dengan tidak menyinggahi pelabuhan lain.

“Pemda KKT juga sudah menyiapkan dana tanggap darurat, yang salah satunya untuk penggunaan penanggulangan bencana alam,” tandasnya.

Dikatakan, pihaknya juga dengan menggandeng unsur TNI/Polri di Tanimbar untuk penanganan pasca bencana gempa. Bahkan pihaknya dibantu oleh Kodim 1507 dengan menyediakan poskoh TNI terpadu bencana alam yang berpusat di aula Kodim. Hal ini bertujuan agar mensinkronkan data bencana yang tersebar di 82 desa, 10 kecamatan.

“Kita gerak cepat untuk membantu penanganan musibah gempa bumi yang melanda Bumi Duan Lolat sebagai wujud kepedulian dan solidaritas terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dari data sementara yang berhasil dinput BPBD KKT, tercatat ada sebanyak 96 bangunan yang rusak, baik itu rumah warga, perkantoran, rumah sakit, puskesmas maupun sekolah. Dimana 79 bangunan mengalami rusak ringan, rusak sedang 5 dan rusak berat 8. Sedankan korban luka-luka 1 orang dan meninggal 1 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU