Peringati HUT TNI AL, Lanal Tual Gelar Ziarah, Bakes, dan Baksos

Dalam kegiatan Bakes dan Baksos, masyarakat yang ikut kegiatan diajak untuk bersama menanam nanas Bogor.


Tual, suaradamai.com – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tual menggelar ziarah, bakti kesehatan (Bakes) dan bakti sosial (Baksos) selama dua hari, (Selasa sampai Rabu, 8-9/9/2020) di kompleks Lanal Tual.

Tiga kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati HUT TNI AL ke-75.

Ziarah dilakukan di Taman Makam Pahlawan Rudira Jaya Langgur pada (8/9/2020) lalu. Tujuannya untuk mengenang para pendahulu. “Kita berdoa untuk minta dibantu dan juga dijaga oleh leluhur kita,” kata Komandan Lanal Tual I. G. P. Wisnawa dalam kegiatan Bakes dan Baksos pada Rabu, (9/9/2020).

Baca juga:Gelar Acara Pelepasan Mayjen TNI Marga Taufiq Di Mako Satuan Brimob Polda Maluku

Kegiatan bakti kesehatan yang dilakukan berupa pengobatan gratis bagi nelayan dan masyarakat tidak mampu. Para dokter dan tenaga medis Lanal Tual juga memberikan sosialisasi terkait protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.

Sementara bakti sosial berupa pembagian sembako, diberikan kepada nelayan dan 65 warga sekitar kompleks Lanal. “Kita berikan bantuan (sembako) … supaya dapat menjadi cadangan makanan bagi mereka (penerima manfaat),” ujar Danlanal.

Jaga Ketahanan Pangan

Untuk menjaga ketahanan pangan, Lanal Tual juga membuka lahan kebun di bekas lapangan sepak bola. Di situ ditanami pisang, singkong (enbal), nanas Bogor, dan tanaman lainnya.

Dalam kegiatan Bakes dan Baksos, masyarakat yang ikut kegiatan diajak untuk bersama menanam nanas. Lahan itu akan dijadikan sebagai kawasan agrowisata, sarana olahraga, dan bumi perkemahan.

Baca juga: Lanal Tual Laksanakan Vicon Panen Raya Bersama Kasal

Turut hadir dalam kegiatan Bakes dan Baksos, Sekretaris Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Sosial, Camat Dullah Selatan, dan Lurah Masrum.

Hari ini, Lanal Tual menggelar peringatan HUT TNI AL ke-75 secara virtual.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU