Polikant Jajaki Penggunaan Bersama Fasilitas Stasiun Penelitian LIPI

Polikant juga akan berkoordinasi dengan LIPI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Ditjen Dikti dan Ditjen Pendidikan Vokasi.


Langgur, suaradamai.com – Rombongan Politeknik Perikanan Negeri Tual yang dipimipin Pudir IV mengunjungi Stasiun Penelitian LIPI Tual di Langgur, Jumat (22/1/2021). Kunjungan itu dalam rangka penjajakan penggunaan bersama fasilitas tersebut.

Pudir IV Polikant Ismael Marasabessy mengatakan, sebagai stakeholder yang membidangi perikanan dan kelautan, Polikant merasa perlu untuk menjajaki kerja sama penggunaan fasilitas penelitian sebagai sarana belajar mahasiswa, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Perlu ada kunjungan, sehingga kedepan, kira-kira apa yang bisa kita manfaatkan dari aset-aset ini. Tentu kami harus kerja sama dengan pemerintah daerah, karena ini aset yang diserahkan dalam bentuk konsorsium,” jelas Is, sapaan Ismael kepada suaradamai.com usai kunjungan.

Is menjelaskan, penggunaan bersama fasilitas LIPI penting, karena Program Teaching Industry dari Kampus Biru itu sejalan dengan Agro Marine Technopark-nya LIPI.

Dia menambahkan, pihaknya akan duduk bersama dengan pemerintah daerah untuk membahas penggunaan fasilitas tersebut. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan LIPI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Ditjen Pendidikan Vokasi.

Sementara itu, peneliti dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Teddy Triandiza menjelaskan, fasilitas penelitian di LIPI Tual baru dapat digunakan jika ada kegiatan penelitian. Hal itu disebabkan karena Status LIPI Tual yang dulu adalah Satuan Kerja (Satker) Eselon IV diturunkan menjadi stasiun penelitian.

“Kalau dulu kan akan kegiatan administrasi, disimenasi. Sekarang hanya melakukan penelitian. Selama ini baru saya yang melakukan penelitian di sini,” kata mantan Kepala LIPI Tual 2012-2015 itu.

Adapun fasilitas di stasiun LIPI Tual antara lain Laboratorium Kimia, Laboratorium Koleksi Biota Laut, Laboratorium Pakan Hidup, Laboratorium Basah, Laboratorium Budidaya, ruangan processing hasil perikanan, rumah dinas, aula, dan kantor.

Editor: Labes Remetwa


Program Teaching Industry dari Polikant sejalan dengan Agro Marine Technopark-nya LIPI.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU