Polikant Optimis Tuntaskan Akreditasi Institusi Tahun Ini

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Semua Program Studi (Prodi) di Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) sudah terakreditasi. Pihak kampus sementara mengurus akreditasi institusi.


Langgur, suaradamai.com – Ketua Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI) Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) A. Malik Serang optimis pihaknya dapat menyelesaikan proses akreditasi institusi tahun ini.

Akreditasi selain merupakan suatu kewajiban bagi perguruan tinggi, akreditasi juga adalah bentuk pengakuan terhadap proses, sistem, dan produk (lulusan) yang dihasilkan oleh suatu lembaga pendidikan.

“Kami optimis di tahun ini Politeknik Perikanan Negeri Tual sudah mendapat sertifikat akreditasi,” ungkap Serang kepada Suaradamai.com di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023).

Menurut Serang, proses akreditasi institusi atau Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Polikant sudah berlangsung cukup lama dan terus menyesuaikan dengan persyaratan dari pusat – yang mana terus mengalami perubahan.

Serang menambahkan, saat ini mereka sementara menyelesaikan revisi pada borang akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan akan mengajukan kembali akreditasi dalam waktu dekat.

“Sesuai hasil rapat, kita sudah rencanakan untuk diusulkan di bulan Maret 2023,” ungkap Serang.

Akreditasi Program Studi (Prodi)

Sementara itu, 10 dari 10 Prodi di kampus biru itu sudah terakreditasi, baik dengan menggunakan sistem 7 standar maupun 9 kriteria.

Menurut jumlah, dua Prodi terakreditasi “Baik Sekali” dan delapan Prodi mendapat akreditasi “Baik”.

Adapun Prodi yang terakreditasi Baik Sekali yaitu Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Sementara delapan Prodi lain terakreditasi Baik, yaitu Agribisnis Perikanan (AGP), Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Teknologi Kelautan (TKL), Agrowisata Bahari (AWB), Bioteknologi (Biotek).

Kemudian, Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan (MRPHP), Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap (MRPT), Manajemen Rekayasa Budidaya Laut (MRBL).

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU