Politeknik Perikanan Negeri Tual Raih Akreditasi “Baik Sekali”

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polikant mendapat akreditasi “Baik Sekali” atau sama dengan nilai “B”.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) mendapat akreditasi “Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi terhadap kampus biru itu tertuang dalam SK Nomor 771/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2023.

Akreditasi selain merupakan suatu kewajiban bagi perguruan tinggi, akreditasi juga adalah bentuk pengakuan terhadap proses, sistem, dan produk (lulusan) yang dihasilkan oleh suatu lembaga pendidikan.

Dengan kata lain, akreditasi menjadi tolak ukur perguruan tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik. Sehingga kompetensi mahasiswa pun sesuai standar pendidikan.

“Saya sangat bahagia karena pencapaian (akreditasi) itu kita tunggu cukup lama. Di bawah kepemimpinan saya, teman-teman mau dukung, bersama-sama menyelesaikan tanggungjawab (akreditasi) ini,” ungkap Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan kepada Suaradamai.com usai acara wisuda Diploma III dan Sarjana Terapan, Jumat (22/11/2023).

Rahajaan menjelaskan, pelabelan atau penyebutan nilai akreditasi terhadap sebuah institusi kini sudah berubah dari huruf menjadi kata. Polikant mendapat akreditasi “Baik Sekali” atau sama dengan nilai “B”.

Sementara akreditasi “A” sama dengan “Unggul”. Sedangkan “C” sama dengan “Baik”.

Akreditasi “Baik Sekali” yang diraih Polikant, berlaku selama lima tahun, atau berlaku sampai 17 Oktober 2028.

Jusron menuturkan, proses akreditasi Polikant berlangsung cukup lama, 19 tahun. Hal itu disebabkan karena terjadi beberapa kali perubahan sistem akreditasi yang dilakukan pemerintah pusat.

Selain itu, penambahan enam Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (D4) juga berdampak pada proses akreditasi Polikant. Sebab, Polikant harus lebih dulu menyelesaikan akreditasi enam Prodi itu baru dapat mengajukan akreditasi institusi/kampus.

Semua Prodi di Polikant Terakreditasi

Semua Program Studi (Prodi) di Polikant sudah terakreditasi. Berdasarkan jumlah, dua Prodi terakreditasi “Baik Sekali” dan delapan Prodi mendapat akreditasi “Baik”.

Adapun Prodi yang terakreditasi Baik Sekali yaitu Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Sementara delapan Prodi terakreditasi Baik, yaitu Agribisnis Perikanan (AGP), Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Teknologi Kelautan (TKL), Agrowisata Bahari (AWB), Bioteknologi (Biotek).

Kemudian, Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan (MRPHP), Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap (MRPT), dan Manajemen Rekayasa Budidaya Laut (MRBL).

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU