Rahawarin Jaring Aspirasi Warga di Ngayub dan Namar

Rahawarin tidak sendiri. Ia membawa sejumlah staf DPRD dan wartawan, bertemu perwakilan semua unsur masyarakat di ohoi.


Langgur, suaradamai.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Yohanis Bosko Rahawarin melaksanakan reses di Ohoi Ngayub dan Ohoi Namar, Kecamatan Manyeuw, Rabu (20/7/2022).

Reses merupakan masa di mana anggota DPRD menjumpai konstituen/warga di Daerah Pemilihannya (Dapil), dengan tujuan menjaring dan menampung aspirasi atau harapan konstituen, serta melaksanakan fungsi pengawasan.

Rahawarin tidak sendiri. Ia membawa sejumlah staf dan wartawan, bertemu perwakilan semua unsur masyarakat di ohoi: perangkat ohoi, pihak gereja, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan.

Kepada sejumlah awak media di kediamannya, Rabu (20/7/2022), Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan hasil kunjungan kerjanya di Ngayub dan Namar.

Menurut Rahawarin, setidaknya ada enam harapan warga Ngayub yang dititipkan kepadanya. Pertama, kebutuhan air bersih. Warga Ohoi Ngayub hingga kini masih membeli air bersih dari mobil tangki. Mereka minta ada pipanisasi dari Danau Ablel untuk menjawab kebutuhan air bersih di ohoi.

Kedua, infrastruktur jalan. Warga meminta pemerintah membangun jalan pintas Ngayub ke Ohoiluk. Sebab, dalam penetapan pelayanan kesehatan di Puskesmas, warga Ngayub dilayani di Puskesmas Debut. Warga juga meminta pemerintah memperjelas bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Warga Ngayub juga meminta Pemkab Malra menyediakan sinyal internet. Meskipun masuk dalam wilayah Kota Langgur, mereka masih kesulitan mendapat sinyal internet.

Selain itu, mereka juga meminta bantuan pemberdayaan dalam rangka mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di ohoi.

Terakhir, bedah rumah. Warga juga meminta bantuan bedah rumah sejumlah rumah di ohoi.

Setelah Ngayub, Rahawarin melanjutkan reses di Ohoi Namar. Anggota DPRD dua periode itu menjaring tujuh aspirasi warga Namar.

Sama dengan Ngayub, warga Namar juga masih kesulitan mendapat air bersih. Meski sudah ada pipanisasi, tapi sebagian sudah putus.

Warga Namar pun membutuhkan akses jalan yang layak ke Ngilngof, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Kemudian, mereka meminta pemerintah merehabilitasi sejumlah Rumah Dinas (Rumdis) guru di ohoi. Mereka juga harap ada bantuan bedah rumah bagi warga.

Pemuda Ohoi Namar, khususnya Orang Muda katolik (OMK), meminta pengadaan alat musik orgen.

Terakhir, warga meminta bantuan Pemkab Malra menyelesaikan pembangunan gereja Namar yang rencananya diresmikan tahun depan.

Dalam menjawab aspirasi tersebut, Rahawarin bilang akan menyuarakan hal tersebut kepada Pemkab Malra, lewat din-dinas terkait.

Selain itu, Rahawarin juga telah menjanjikan akan mengakomodir sejumlah permintaan warga lewat dana Pokok Pikiran (Pokir) DPRD tahun 2023 (dulu disebut dana aspirasi).

“Kalau di Ngayub itu saya akan perjuangkan penguatan modal bagi UMKM. Lalu untuk Ohoi Namar itu saya sudah janjikan untuk alat musik dan rehab rumah dinas guru,” ungkap Rahawarin.

Selain memperjuangkan permintaan warga lewat dinas-dinas terkait dan Pokir, secara pribadi, Rahawarin membantu kelompok kategorial gereja: uang tunai bagi apostolat dan dua set kostum futsal dan voly untuk OMK di Ngayub. Sedangkan di Namar, kostum kaos untuk apostolat dan dua set kostum futsal bagi pemuda.

Untuk diketahui, reses DPRD Malra untuk Dapil I masih berlangsung hingga 25 Juli mendatang. Sementara Dapil II dan Dapil III sampai 28 Juli. Rahawarin masih akan melaksanakan reses di ohoi lain di Dapil I.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU