Usai 9 Prodi Terakreditasi, Polikant Lanjut Ajukan Akreditasi Institusi

Pengajuan telah dilakukan secara online melalui laman Sapto BAN-PT per 31 Mei 2022 lalu.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) lanjut mengajukan akreditasi institusi/perguruan tinggi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pengajuan telah dilakukan secara online melalui laman Sapto BAN-PT per 31 Mei 2022 lalu.

Pengajuan tersebut dilakukan usai sembilan dari 10 Program Studi (Prodi) di kampus biru itu telah terakreditasi.

Adapun dokumen yang diupload antara lain, yaitu surat pengantar, surat pernyataan tidak melakukan plagiat dokumen yang diupload, Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT), laporan evaluasi diri, izin pendirian perguruan tinggi, dan statuta perguruan tinggi.

Kepada Suaradamai.com di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022), Ketua Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI) Polikant A. Malik Serang mengatakan, setelah semua dokumen dikirim ke BAN-PT, ternyata ada bagian yang harus direvisi yaitu terkait Lembar Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT).

Dokumen ini, kata Serang, sementara direvisi dan akan diupload kembali dalam satu dua hari kedepan.

“(Setelah itu) Kami tinggal menunggu hasil evaluasi atau hasil koreksi dari BAN-PT,” kata Serang.

Hasil koreksi atau evaluasi itu, lanjut Serang, butuh waktu kurang lebih 1-2 bulan. Sebab, banyak perguruan tinggi yang antri.

Apabila dokumen yang diajukan sudah terpenuhi, maka akan dilanjutkan dengan Asesmen Kecukupan (AK). Jika tahapan ini berhasil dilalui maka dilanjutkan dengan Asesmen Lapangan (AL). AL merupakan tahapan terakhir untuk mendapat hasil akreditasi.

“Mudah-mudahan dalam tahun ini, seluruh proses akreditasi perguruan tinggi itu bisa selesai dan mendapat hasil sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Serang.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU