Widya Harap Dekranasda Jadi Rumah UMKM

“Dekranasda juga membina usaha tersebut serta meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnisnya yang sebagain besar kelompok UMKM,” ujarnya.


Ambo, suaradamai.com– Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Maluku, Widya Pratiwi Murad, memberi apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Mini Expo UMKM dalam rangka HUT Ke-447 Kota Ambon

“Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan  Dekranasda Kota Ambon atas pelaksanaan Mini Expo,” ungkap Widya, saat membuka Mini Expo, yang ditandai dengan pemukulan tifa, Selasa (6/9/2022) di Pattimura Park.

Dikatakan Widya, Sejak menjadi ketua Dekranasda dirinya mendorong pembentukan dekranasda di seluruh kabupaten/kota. Sebab, Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

“Dekranasda juga membina usaha tersebut serta meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnisnya yang sebagain besar kelompok UMKM,” ujarnya.

Dirinya membeberkan, sejarah panjang panjang perekonomian Indonesia telah membuktikan bahwa UMKM memiliki peran strategis serta mampu menjadi pilar bangsa,

“Itulah sebabnya Mengapa saya mendorong terbentuknya dekranasda di kabupaten/kota, tetapi lebih dari itu pastikan bahwa Dekranasda  benar-benar menjadi rumah bagi UMKM dan IKM,” imbuh Widya.

Dirinya berharap mini expo produk UMKM dilaksanakan dapat menjadi agenda rutin tahunan dengan melibatkan seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Ambon, serta diekspos agar diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi tidak hanya ditampilkan, hanya untuk dilihat, tapi siapkan kita punya uang untuk membantu mereka karena kalau bukan kita siapa lagi yang membeli,” harapnya.

Selain itu, mini expo juga dapat menjadi wahana bagi pelaku usaha untuk saling belajar, berjejaring, bersinergi, serta menghasilkan produk yang unggul dan berdaya saing,” tandasnya.

Mini Expo UMKM dalam rangka HUT Ke-447 Kota Ambon dilaksanakan 6 – 8 September 2022. Pembukaan kegiatan turut dihadiri oleh Plt.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Sadli Ie,  Forkopimda Kota Ambon,  Pj. Ketua TP – PKK, Ketua DWP, dan Pimpinan OPD Kota Ambon, Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Kementerian Agama, BPOM Maluku, serta Perwakilan Perbankan.

Dalam Expo yang diikuti 50 IKM dan UMKM, selain dijual produk – produk berupa makanan dan kerajinan, juga ditampilkan pameran Foto Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU