Bupati Hanubun Lepas Kontingen Pesparani Katolik Maluku Tenggara

Komposisi kontingen Pesparani Katolik dari Kabupaten Maluku Tenggara berjumlah 250 orang, terdiri dari 203 peserta dan 47 official.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun melepas kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik untuk mengikuti lomba Pesparani IV tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual pada 24-30 September mendatang.

Acara pelepasan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Malra, Jumat (23/9/2022). Turut hadir Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin, Ketua DPRD Minduchri Kudubun, Wakil Ketua DPRD Yohanis Bosko Rahawarin, Anggota DPRD Stef Layanan, Forkopimda, staf ahli dan asisten, pimpinan OPD, dan Rat Jab Faan Patrice Renwarin.

Acara pelepasan diawali dengan misa kudus yang dipimpin oleh RD. Agus Ulahayanan di Aula Kantor Bupati. Selanjutnya doa adat oleh Rat Yab Faan Patrice Renwarin.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Malra Thomas Reyaan dalam laporannya menyebutkan, komposisi kontingen Pesparani dari Maluku Tenggara berjumlah 250 orang, terdiri dari 203 peserta dan 47 official.

Kontingen akan mengikuti seluruh (12) kategori lomba yang dipertandingkan, yaitu paduan suara (kategori anak, gregorian remaja, OMK, dewasa wanita, gregorian dewasa, dewasa campuran), pendarasan Mazmur (kategori anak, remaja, OMK, dewasa), cerdas cermat rohani (kategori anak dan remaja), dan tutur kitab suci (kategori anak).

Reyaan menuturkan, Kontingen Pesparani harusnya dibentuk melalui kompetisi secara berjenjang, kemudian mengikuti pelatihan sebelum ditetapkan menjadi kontingen Malra.

“Kontingen kali ini tidak melalui proses tersebut. Tetapi lewat audisi. Disebabkan oleh dua alasan, yakni merebaknya pandemi Covid-19 dan penundaan waktu pelaksanaan Pesparani sebanyak tiga kali,” ungkap Reyaan.

Meski demikian, ia yakin pihaknya bisa meraih juara. Sebab mereka telah menjalani pelatihan selama 5 bulan. Khusus untuk lomba paduan suara dan Mazmur, LP3KD mendatangkan pelatih nasional bekerja sama dengan asisten pelatih tingkat lokal.

“Dari hasil evaluasi pelatih dan lembaga, menyatakan bahwa kontingen Pesparani Malra siap menjadi pemenang. Semuanya untuk kemuliaan Tuhan,” tandas Reyaan.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara dalam sambutannya meminta LP3KD mendampingi kontingen secara serius. Ia juga meminta para pimpinan OPD untuk selalu hadir ketika diminta bantu oleh para kontingen.

“Maluku Tenggara harus tampil sebagai yang terbaik. Baik dalam penampilan dan semuanya. Mereka tidak boleh lapar. Hal-hal teknis perlu diperhatikan,” tegas Bupati.

Sebagai kabupaten penyangga, Bupati juga berharap agar semua pihak ikut menjaga keamanan dan ketertiban dalam menyukseskan pelaksanaan Pesparani ke-4 Provinsi Maluku di Kota Tual.

Untuk diketahui, Bupati didampingi Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, Ketua DPRD Minduchri Kudubun, dan Rat Jab Faan Patrice Renwarin menyerahkan bendera kontingen kepada Wakil Ketua II Kontingen RD. Titus Kasihiuw dan Wakil Ketua I Kontingen Theresia Tamnge, sebagai tanda pelepasan kontingen.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU