Bupati Malra Instruksikan Kepala Dinas PMD PPA Percepat Pencairan Dana Desa

Dana untuk penanganan Covid-19 di semua ohoi (desa) sudah dicairkan. Dana ini sebesar 8 persen dari pagu APB Ohoi.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menginstruksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Perlindungan Anak dan Perempuan (PMDPPA) agar mempercepat proses pencairan dana desa.

“Pencarian anggaran untuk ohoi itu disegerakan. Karena dana itu akan digunakan untuk penanganan Covid-19,” kata Bupati pekan lalu.

Terpisah, Kepala Dinas PMDPPA Malra Maryam Matdoan mengatakan, hingga kini, proses pencairan dana ohoi tahap I sudah mencapai 84 persen.

Dari 190 ohoi (desa) di Malra, 160 ohoi sudah melakukan pencairan, 24 ohoi sementara berproses di KPPN, empat ohoi masih berproses di Dinas PMDPPA, dan dua ohoi belum sama sekali.

“Besar anggaran tahap I sebesar 40 persen. Ini terdiri atas 8 persen untuk penanganan Covid-19 dan 32 persen untuk BLT dan lain-lain, sesuai APBO. Yang 8 persen sudah dicairkan untuk 190 ohoi. Yang 32 masih berproses,” jelas Maryam, Selasa (13/7/2021).

Maryam mengatakan, pihaknya terus melakukan pendekatan agar ke dua ohoi yang belum agar mempercepat pencairan dana desa tahap I.

“Yang Rahareng Atas ini kan baru mendapat SK Pejabat tiga hari lalu. Rencana hari ini saya hubungi beliau (penjabat kepala ohoi). Jadi, Rahareng Atas dan Wearlilir belum,” kata Maryam menjelaskan dua ohoi yang belum memasukan APBOhoi di Dinas PMDPPA.

Editor: Labes Remetwa


Proses pencairan dana ohoi tahap I kini sudah mencapai 84 persen.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU