Bupati Malra Resmikan Peluncuran Aplikasi SISKEUDES 2021 Versi 2.0.3 Untuk Pemdes di Malra

Penggunaan Aplikasi SISKEUDES diharapkan dapat membantu setiap Desa untuk mengelolah laporann keuangnannya masing – masing.


Langgur, Suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun secara langsung meresmikan peluncuran penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Versi 2.0.3 tahun 2021 dan Pelatihan Aplikasinya Rabu, (30/12).

Bertempat di Aula Katolik Center, kegitan hadiri oleh sejumlah Staf ahli Bupati, Para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Pejabat Desa, serta beberapa Perangkat Desa yang sempat hadir. kegiatan yang di jadwalkan mulai pada pukul 08.00 WIT mengalami keterlambatan dikarenakan Bupati bersama rombongan harus lagi menunggu peserta kegiatan yang belum hadir

Sebelumnya, Thaher menegaskan kepada semua peserta dalam kegiatan itu agar disiplin terhadap waktu, menurutnya waktu sangatlah penting dalam dunia birokrasi selanjutnya, Thaher menjelaskan lebih lanjut tentang Aplikasi SISKEUDES yang siap diluncurkan. Aplikasi SISKEUDES jelas Thaher, sebenarnya sudah ada sejak tahun 2019 yaitu Aplikasi SISKEUDES versi 2.0.1 dan 2.0.2 yang merupakan aplikasi dari pemerintah pusat.

SISKEUDES merupakan aplikasi pembantu untuk pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban secara komputerisasi. SISKEUDES bertujuan untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan peraturan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dan perwujudan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.

“ Dengan aplikasi ini, Kita berdayakan generasi muda yang berkualitas. Ajak mereka terlibat dalam urusan Desa sehingga tidak perlu dari luar yang nanti tidak memiliki rasa tanggung jawab. itu harap di ingat.,” Ucap Thaher.

Thaher harap dengan aplikasi tersebut dapat membantu setiap Desa dalam menyusun dan melaporkan pengelolaan keuangan  di Desa. “ jangan marah atau disalahkan kalau nanti ada pemeriksaan, ini penting dan jadi perhatian kita semua,” Bilang Thaher.

Sebelum menutup sambutannya, Thaher juga sempat mengingatkan kepada setiap perangkat desa yang ada agar sama–sama menghimbau kepada masyarakat untuk taat dengan aturan Protokol kesehatan mengingat di Maluku Tenggara sudah ada tiga orang yang meninggal karena positif Corona. Usai itu, Secara simbolis M. Thaher Hanubun melakukan Lauching pada Aplikasi SISKEUDES sebagai tanda peresmian peluncuran penggunaan aplikasi tersebut.

selesai kegiatan. kepada reporter suaradamai.com Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakat Desa (DPMD) Maluku Tenggara Maryam Matdoan menjelaskan, Sebagai salah satu dinas yang bertanggung jawab dalam pelaksaan kegiatan yang ada di desa. Pihaknya akan memberikan arahan serta melatih penggunaan aplikasi tersebut. pemaparan materi SISKEUDES dan pelatihannya berlangsung selama satu hari itu.

Dirinya berharap, dengan penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa terbaru ini memberikan dampak yang positif dalam pengelolaan uang desa serta pelaporannya yang baik pula.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi !!
× Ada yang bisa dibantu?