Dekatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Tual Akan Perkenalkan Telemedisin

Layanan telemedisin dapat meminimalisir biaya pemeriksaan dan pengobatan di fasilitasi kesehatan.


Tual, suaradamai.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tual akan memperkenalkan layanan telemedicine atau telemedisin bagi masyarakat dengan fokus ke warga yang berdomisili di wilayah kepulauan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Subhan Labetubun menjelaskan, layanan telemedisin ini bertujuan memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama warga kepulauan.

Telemedicine atau telemedisin adalah layanan kesehatan berbasis teknologi yang memungkinkan para penggunanya berkonsultasi dengan dokter tanpa bertatap muka atau secara jarak jauh dalam rangka memberikan konsultasi diagnostik dan tata laksana perawatan pasien.

Labetubun menambahkan, dengan adanya telemedisin ini, warga akan mendapatkan pelayanan prima hingga setingkat konsultasi ke dokter spesialis.

“Di program ini, akan diperkenalkan kepada warga dengan tujuan, bagaimana mendekatkan pelayanan kesehatan dengan masyarakat, apalagi masyarakat yang tidak bisa menjangkau fasilitas kesehatan yang jaraknya cukup jauh seperti di pulau-pulau,” ujar Labetubun.

“Mereka datang memeriksakan kesehatan primer di Puskesmas atau Puskesmas Pembantu terdekat. Diperiksa oleh tenaga dokter umum atau perawat, di situ hasilnya dikonsultasikan dengan dokter spesialis yang ada di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia, karena terkoneksi dengan komunitas dokter spesialis,” kata Labetubun menjelaskan mekanisme layanan telemedisin.

Labetubun menambahkan, dengan layanan telemedisin ini, dapat meminimalisir biaya pemeriksaan dan pengobatan di fasilitasi kesehatan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU