Dinas Kominfo Malra Siapkan Dua Ohoi “Smart Village”

Dinas Kominfo Malra juga sedang menyiapkan website pelayanan yakni malukutenggarakab.go.id.


Langgur, suaradamai.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Maluku Tenggara Antonius Walken Raharusun mengatakan pihaknya tengah menyiapkan dua ohoi/desa dalam program “smart village”.

Dua ohoi itu adalah Ohoi Ngilngof di Kecamatan Manyeuw dan Ohoi Wab di Kecamatan Hoat Sorbay. Dua ohoi ini dipilih karena merupakan tempat wisata yang lebih banyak berinteraksi dengan wisatawan manca negara.

Bukan hanya karena tempat wisatanya yang menarik saja, tetapi semangat pemuda ohoi yang sangat tinggi untuk berusaha berkembang, juga menjadi pertimbangan. “Ohoi Wab dipilih karena itu,” jelas Walken.

Smart village merupakan pengembangan dari konsep Smart City yang lebih dulu dikenal di masyarakat. Konsep Smart City yang telah ada tidak bisa diterapkan di desa, karena konsep ini lebih cocok diterapkan di kota, serta antara kota dan desa memiliki karakter yang berbeda, sehingga kemudian muncul konsep smart village yang diterapkan di desa.

Yang akan berubah ketika konsep smart village ini diterapkan di Ngilngof dan Wab adalah pelayanan di ohoi tersebut berbasis information technology (IT).

Namun membangun desa dengan konsep smart village  tidak hanya berfokus pada penerapan kecanggihan teknologi, tetapi ada hal yang lebih utama, kata Walken, yaitu lebih kepada bagaimana konsep ini mampu mengubah kondisi masyarakatnya menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera, menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi untuk menciptakan kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa agar lebih mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pada masyarakat.

“Pelayanan yang sudah berkembang, ada bahasa inggris, desanya menggunakan aplikasi untuk pemasaran (wisata) ke khalayak, dan semua pelayanan itu sudah pake IT,” kata Walken mencontohkan.

Baca juga: Kadis Pariwisata Malra Dukung Rencana Kominfo Bikin Smart Village

Untuk diketahui, Dinas Kominfo Malra sedang menyiapkan website pelayanan yakni malukutenggarakab.go.id. Di sini masyarakat bisa mengakses segala informasi yang diperlukan tanpa berbelit-belit. “Silakan digunakan sebaik-baiknya, ini sudah siap dan tinggal tahap akhir,” pungkas Walken.

Dalam laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, Walken mendapat apresiasi dari Komisi III DPRD Malra atas kinerjanya. Baru menjabat Kadis Kominfo, namun sudah banyak yang telah dikerjakan untuk masyarakat.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU