Distan Tual Pastikan Ternak Halal untuk Dijadikan Kurban

Menurut Nuhuyanan, Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara belum terdeteksi wabah PMK.


Tual, suaradamai.com – Dinas Pertanian Kota Tual berusaha memastikan ternak halal untuk dijadikan hewan kurban.

Upaya ini dilakukan melalui pengawasan ternak yang dilakukan Bidang Peternakan Distan Tual, baru-baru ini.

Dokter hewan, drh. Ahmad Nuhuyanan yang bertugas turun langsung dan mengecek kondisi ternak di tempat penjualan hewan kurban, mengatakan, dengan pengecekan dan pengawasan yang dilakukan timnya, hewan kurban ini akan dinyatakan halal sesuai dengan syariat dan sunnah bagi umat Islam.

“Saat ini kita lakukan pemeriksaan seluruh ternak terutama yang dijual untuk momen idul kurban. Pemeriksaan kita ini bekerjasama dengan Kementerian Agama, untuk menjamin bahwa ternak-ternak yang ada di pasar kurban itu memang ternak yang sehat, halal dan tidak ada penyakit PMK,” jelas Nuhuyanan.

Nuhuyanan menambahkan, di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda Indonesia, pihaknya harus siap siaga, sekalipun di Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara belum terdeteksi penyakit tersebut.

Nuhuyanan mengimbau kepada umat muslim yang akan membeli hewan kurban nanti, agar mengecek tanda halal pada ternak yang telah diberikan oleh pihaknya, sebagai indikasi lulus dari semua pemeriksaan dan pengecekan serta layak menjadi hewan kurban.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU