GKC dan BSNE Belajar dan Bermain Bersama Anak-Anak Dunwahan

Program tour pendidikan dari ohoi ke ohoi ini merupakan agenda bulanan GKC.


Langgur, suaradamai.com – Gerakan Kei Cerdas (GKC) berkolaborasi dengan Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) belajar dan bermain bersama anak-anak di Ohoi Dunwahan Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.

Program tour pendidikan dari ohoi ke ohoi ini merupakan agenda bulanan GKC. Sebelumnya, dalam tahun ini, komunitas yang bergerak di bidang pendidikan itu mengadakan kegiatan serupa di Ohoi Lairngangas, Yatvav, dan Ur Pulau. Kegiatan yang sama juga diadakan di beberapa ohoi selama empat tahun terakhir sejak GKC dibentuk.

Kali ini, GKC menggandeng komunitas seni turun ke Ohoi Dunwahan. Mereka akan berkegiatan selama dua hari, 10-11 April 2021.

Sesuai jadwal yang diterima Suara Damai, agenda pada hari pertama yakni belajar dan bermain, dan malam pentas seni. Anak-anak diajarkan mengenal huruf, membaca, berhitung, bernyanyi, mengarang puisi, mewarnai, dan melukis. Hasil karya kemudian dipentaskan pada malam pentas seni.

Hari kedua, ada kegiatan pembersihan ohoi dan pantai, pertemuan dengan pemuda, dan belajar dan bermain. Pada hari ini juga anak-anak diajarkan membuat alat musik dari bahan tradisional.

Koordinator GKC Coco Jeujanan mengatakan, Ohoi Dunwahan memang sudah dijadwalkan dalam agenda tahunan. Selain itu, kata Coco, GKC datang ke Ohoi Dunwahan juga untuk mempelajari karakteristik ohoi yang mayoritas Muslim. Dari situ, menjadi referensi untuk mengembangkan metode belajar di ohoi-ohoi Muslim lain di Kepulauan Kei.

Coco harap, orangtua dan Pemerintah Ohoi Dunwahan melihat anak-anak sebagai sesuatu yang istimewa.

“Harapannya pemuda menjadikan kegiatan ini sebagai referensi, dan pemerintah menyediakan program yang berguna untuk anak-anak. Bagi kami, anak-anak adalah harapan bangsa yang akan menjadi tulang punggung pembangunan di ohoi, bahkan Nuhu Evav,” pungkas Coco.

Editor: Labes Remetwa


GKC menggandeng BSNE turun ke Ohoi Dunwahan. Mereka akan berkegiatan selama dua hari, 10-11 Maret 2021.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU