Jelang Hari Nen Dit Sakmas, Pemkab Malra Gelar Rupa-rupa Lomba Kesenian

Peserta lomba dibatasi hanya untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di daratan Kei Kecil.


Langgur, suaradamai.com – Hari Peringatan Nen Dit Sakmas yang jatuh pada tanggal 7 September, telah ditetapkan sebagai agenda nasional.

Jelang peringatan hari tersebut, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Kebudayaan menggelar rupa-rupa lomba kesenian.

Ketua Panitia Kris Ell dalam laporannya menjelaskan, lomba-lomba ini bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal khususnya kesenian tradisional, sehingga mencerminkan karakter masyarakat Kei.

Adapun jenis lomba yang dilombakan, yakni lomba nyanyian tradisional Kei berupa ngel-ngel, wawar, dan snehat, serta lomba meniup suling.

Selain itu, ada napak tilas perjalanan Nen Dit Sakmas yang akan dilaksanakan pada Sabtu (4/9/2021). Selanjutnya seminar yang bertemakan peran perempuan Kei dalam keseteraan gender yang akan dilaksanakan pada Senin (6/9/2021).

Peserta lomba dibatasi hanya untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di daratan Kei Kecil, dengan jumlah peserta nanyian 30 orang dan meniup suling 5 orang.

“Peserta dibatasi dengan karena mempertimbangkan kondisi daerah yang masih dilanda Covid-19 dan penerapan PPKM Mikro,” jelas Kris.

Dewan juri untuk lomba nyanyian diambil dari Ibu-ibu Ohoi (Desa) Danar Lumefar. Sedangkan Aglibertus Lobya dan Cosmas Rahawarin menjadi juri pada lomba meniup suling.

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menjelaskan, acara peringatan ini dalam rangka menghormati Nen Dit Sakmas dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan turut menjadi pelopor terbentuknya hukum Larvul.

Kedepan, lanjut Bupati, lomba seperti ini juga akan melibatkan siswa-siswi dari tingkat SD dan SMP.

“Kepada ade-ade peserta, saya harap kalian menjadi tokoh dan memperjuangkan kelestarian adat dan istiadat Kei,” ujar Bupati kepada para peserta yang hadir.

Editor: Labes Remetwa


Jenis lomba yang dilombakan, yakni lomba nyanyian tradisional Kei berupa ngel-ngel, wawar, dan snehat, serta lomba meniup suling.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU