Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur di Eranya “Tidak Lagi Jawasentris”

Pembangunan infrastruktur kata Jokowi diperlukan untuk bisa bersaing dengan negara lain.


Jakarta, Suaradamai.com, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan hasil pembangunan pada era kepemimpinannya di hadapan ribuan relawan dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 26 November 2022.

Jokowi menyebutkan sejumlah pembangunan infrastruktur di eranya, mulai dari jalan tol, pelabuhan, hingga bendungan.

Pembangunan infrastruktur kata Jokowi diperlukan untuk bisa bersaing dengan negara lain.

“Setelah 8 tahun kita bekerja keras, membangun negara kita Indonesia, membangun jalan-jalan nasional baik di Jawa maupun di luar Jawa. Membangun jalan tol baik di Jawa maupun di luar Jawa, dan juga jalan-jalan kecil di desa, jembatan kecil di desa lewat dana desa,” ucapnya.

“Kita juga membangun airport baru, membangun pelabuhan-pelabuhan baru utamanya di luar Jawa, ini lah yang namanya fondasi infrastruktur, jalan apakah perlu?, pelabuhan apakah perlu?, airport apakah perlu?, semua itu diperlukan di Jawa maupun di luar Jawa sangat diperlukan karena itu menjadi sebuah pondasi kita untuk bersaing dengan negara-negara lain,” tambah Jokowi.

Lanjut Jokowi, Indonesia tidak akan bisa bersaing tanpa adanya infrastruktur yang memadai di setiap provinsi.

“Pembangunan infrastruktur juga memudahkan produk-produk di desa sampai ke kota bahkan bisa diekspor ke negara lain,” papar Jokowi.

Dia menerangkan, tidak mungkin Indonesia bersaing dengan negara lain kalau jalannya becek, tidak punya airport di provinsi yang kita miliki.

Menurutnya dengan infrastruktur itulah rakyat diberikan kemudahan membawa produk-produknya, petani bisa mudah membawa padinya dari desa ke kota, nelayan bisa menjual ikannya dari desa ke kota.

“Dan juga produk-produk UMKM yang ada di kampung-kampung yang ada di desa, bisa dibawa ke kota bisa di export karena kita memiliki pelabuhan, airport dan jalan jalan,” terangnya.

Jokowi juga mengupdate  kondisi jalan tol yang sudah menyambung di Pulau dan hanya tersisa sedikit lagi di wilayah Banyuwangi akan diselesaikan di tahun 2023


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU