Ketua Dekranasda Malra Resmikan Toko Cendramata Ohoi Soinrat

Hadirnya Toko Souvenir ini diharapkan berdampak pada lebih giatnya warga setempat dalam berkreasi menghasilkan produk-produk baru.


Langgur, suaradamai.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Maluku Tenggara meresmikan Toko Cendramata (Souvenir Shop) Ohoi Soinrat, Kecamatan Kei Besar, Selasa (30/8/2022). Peresmian tersebut dipimpin oleh Ketua Dekranasda Eva Eliya Hanubun.

Acara peresmian ditandai dengan prosesi pengguntingan pita dan pembukaan pintu Toko Cendramata oleh Ketua Dekranasda, didampingi Wakil Ketua DPRD Malra Albert Efruan dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Roy Rahayaan.

Suasana bahagia menyelimuti siang itu diikuti dengan tepukan tangan ketika Eva Hanubun membukakan pintu toko.

Hadirnya Toko Souvenir ini diharapkan berdampak pada lebih giatnya warga setempat dalam berkreasi menelurkan produk-produk baru. Selain itu, juga sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat di ohoi.

Aneka produk yang dijual di outlet UMKM ini adalah seperti minyak kelapa, piring lidi, tas selempang (Kei: saloy), ada juga pernak pernik kerajinan tangan dari bahan alam yang didesain berupa gelang tangan, anting dan bros dada. Kemudian ada juga makanan khas Ohoi Soinrat (Alu Dok-Dok), hingga sprei meja rajutan tangan penduduk setempat.

Toko cendramata ini dikelola oleh Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Ohoi Soinrat. Mereka bekerja sama dengan masyarakat setempat dalam menjaga dan melestarikan keunggulan hasil buah tangan dari masyarakat.

Ketua Pokdarwis Ohoi Soinrat Phina Sangur menjelaskan, tujuan hadirnya toko cendramata ini untuk memberikan kenangan-kenangan bagi para wisatawan yang berkunjung di Soinrat.

Selain hasil kerajinan tangan dari masyarakat setempat, Toko Cendramata Ohoi Soinrat juga membuka kesempatan bagi Pokdarwis dari desa wisata yang ada di Kepulauan Kei untuk menempatkan produk-produk terbaik mereka untuk dipajangkan Toko Cendramata Ohoi Soinrat.

Aneka Kerajinan tangan yang dipajangkan pada dinding. Foto: Ketty Remetwa
Aneka Kerajinan tangan yang dipajangkan pada dinding. Foto: Ketty Remetwa

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi!