Ketua DPRD Desak Pemkab Malra Selesaikan Konflik di Kilwat

Perselisihan yang terjadi disebabkan karena ada perbedaan paham dan pilihan soal kepala ohoi. Akibatnya, terbentuk dua kelompok. Salah satu kelompok memilih membuka pemukiman baru.


Langgur, suaradamai.com – Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Minduchri Kudubun mendesak Pemkab setempat agar segera menyelesaikan konflik di Ohoi Kilwat, Kecamatan Kei Besar Selatan.

Desakan itu ia sampaikan dalam rapat penyampaian visi Komisi kepada Badan Anggaran (Banggar) terhadap pertanggungjawaban APBD 2021 di ruang rapat komisi, Senin (18/7/2022).

Kudubun mendesak Pemkab Malra segera membereskan perselisihan yang terjadi karena sebagian penduduk Ohoi Kilwat kurang mendapat perhatian.

Menurut Kudubun, sebagian warga Ohoi Kilwat tidak mendapat bantuan apapun dari pemerintah ohoi maupun pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir, atau tepat setelah konflik di ohoi itu pecah.

Perselisihan yang terjadi disebabkan karena ada perbedaan paham dan pilihan soal kepala ohoi. Akibatnya, terbentuk dua kelompok. Satu kelompok yang dipimpin oleh Kepala Ohoi Defenitif, kata Kudubun, membuka pemukiman baru, sekitar 300 meter dari pemukiman lama.

Semua jenis pembangunan yang menggunakan dana desa, kata Kudubun, diarahkan untuk pembangunan di pemukiman baru.

Politisi Partai PKB itu menyesalkan kondisi demikian. Sebab, menurut dia, besaran anggaran dana desa yang diterima, dihitung berdasarkan jumlah keseluruhan penduduk. Tetapi, penduduk di pemukiman lama tidak merasakan dana tersebut.

Selain itu, menurut Kudubun, hingga kini juga tidak ada bantuan dari pemerintah daerah bagi warga di pemukiman lama.

Warga yang mendiami pemukiman lama juga semakin sulit ke Langgur, Ibu Kota Kabupaten. Demi menghindari konflik, warga memilih jalur lain. Jalur aman yang dipilih ini semakin jauh. Warga harus menyusuri jalan sepanjang 13 km ke salah satu kampung tertentu, sebelum melanjutkan perjalanan ke kota.

Sebab itu, kata Kudubun, dalam waktu dekat, ia bersama seluruh anggota DPRD Malra akan turun ke Ohoi Kilwat untuk mengecek kondisi terkini. Selanjutnya akan duduk bersama dengan Pemkab Malra untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU