Legislator Nilai Bantuan Perumahan di Kebut dan Kuba Tepat Sasaran

Menurut Bram, masih banyak warga di Kecamatan Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Utara Barat yang membutuhkan bantuan perumahan.


Langgur, suaradamai.com – Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Abraham Beruatwarin menilai pembangunan rumah tak layak huni di Pulau Kei Besar, khususnya di kecamatan yang masuk kategori termiskin, sudah tepat sasaran.

Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kei Besar Utara Timur (Kebut) dan Kecamatan Kei Besar Utara Barat (Kuba).

Meski begitu, Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, masih ada warga di Kebut dan Kuba yang membutuhkan bantuan perumahan, sebab dari segi ekonomi, warga di sana belum mampu.

Untuk itu, dia meminta Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Malra untuk lebih aktif mendata rumah warga yang belum tersentuh bantuan tersebut.

“200 (bantuan) rumah di Utara Timur dan 328 di Utara Barat itu belum mampu menjawab apa yang diharapkan. Perlu lagi ada uluran tangan dari pemerintah,” ujarnya kepada suaradamai.com di Langgur, Rabu (17/2/2021).

Sejauh pengamatannya, Legislator Dapil II Kei Besar itu menemukan bantuan perumahan di Kecamatan Kebut dan Kuba sudah tepat sasaran. Respon masyarakat di sana terhadap bantuan perumahan yang bersumber dari APBN maupun APBD itu, juga sangat baik.

“Sejauh ini, dari beberapa kali saya melakukan pengawasan dan juga kunjungan pribadi saya, saya melihat paritisipasi masyarakat sudah sangat baik. Mereka serius dan bertanggungjawab,” kata Bram.

Fokus di kecamatan 3T

Dalam pengawasannya, anggota Komisi II itu fokus pada kecamatan yang tertinggal, terbelakang, dan termiskin (3T) di Pulau Kei Besar, yakni Kebut dan Kuba.

“Ini dalam rangka upaya untuk mempercepat pembangunan di dua wilayah itu untuk perlahan-lahan harus keluar dari garis kemiskinan, keterbelakangan, maupun tertinggal itu” jelas Bram.

Sesuai data Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (DPKPP), pada tahun 2019, Kecamatan Kei Besar Utara Timur mendapat bantuan perumahan sebannyak 200 unit, tersebar di delapan ohoi.

Bantuan yang serupa juga didapati di Kecamatan Kei Besar Utara Barat, yakni sebanyak 328 unit, tersebar di 12 ohoi.

Editor: Labes Remetwa


Respon masyarakat Kebut dan Kuba terhadap bantuan perumahan yang bersumber dari APBN maupun APBD itu, juga sangat baik.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU